Keputusan FA Batalkan Kompetisi Non-Liga Inggris Tuai Protes

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 27 Maret 2020
Keputusan FA Batalkan Kompetisi Non-Liga Inggris Tuai Protes
Kompetisi Non-Liga Inggris (Twitter)

BolaSkor.com - Federasi sepak bola Inggris (FA) mengambil keputusan tegas dengan membatalkan musim kompetisi 2019-20 di divisi non-liga atau dari kasta ketujuh ke bawah. Hal ini terpaksa dibuat sebagai efek dari pandemi virus corona.

Sebagai informasi, Inggris memiliki piramida kompetisi yang sangat berlapis. Secara keseluruhan hingga akar rumput ada 24 divisi meski 18 di antaranya berstatus semi-profesional atau non-liga.

Pengumuman tersebut disampaikan FA pada Kamis (26/3) waktu setempat. Kompetisi wanita dibawah naungan Women's Super League dan Championship juga ikut dibatalkan.

FA mengakui ini keputusan yang sulit. Namun keselamatan pihak-pihak yang terlibat di kompetisi tersebut merupakan hal yang lebih penting saat ini.

Baca Juga:

Kelanjutan Premier League Tak Pasti, Manchester United Siapkan Kompensasi untuk Suporter

Pandemi Virus Corona, Chelsea Izinkan Willian Pulang ke Brasil

Bocoran Dokumen Internal FIFA: Kontrak Pemain dan Pelatih Harus Diperpanjang hingga Akhir Musim yang Tertunda

Kompetisi Non-Liga Inggris

"FA dan NLS (National League System) Step 3-6 telah mencapai kesepakatan bersama bahwa musim 2019-20 telah berakhir dan semua hasil pertandingan dihapuskan. Hal ini berarti tidak ada tim promosi ataupun degradasi di NLS divisi 3 hingga 6 dan tidak ada promosi ke NLS divisi 2," demikian pernyataan FA di situs resminya.

Namun keputusan FA tidak sepenuhnya didukung klub-klub. South Shields FC yang tengah memuncaki klasemen Northern Premier League (kasta ketujuh) menolak keras pembatalan liga.

"Kami akan menulis surat ke FA dengan argumen sekuat mungkin dan mengajukan banding. Jika tanggapannya tidak memuaskan, kami akan mencari penasihat hukum," bunyi pernyataan pihak South Shields FC.

Sementara itu, FA tetap berkomitmen untuk menuntaskan enam liga kasta teratas seperti Premier League, Championship, League One, League Two, National League, serta National League North dan National League South masih akan dilanjutkan. Hal yang sama juga berlaku untuk Piala FA pria dan wanita.

Namun hal itu masih sangat bergantung dengan perkembangan pandemi virus corona ini. Jika kondisi tak juga membaik maka bukan tidak mungkin semua kompetisi terpaksa dibatalkan juga.

Penulis: Taufik Hidayat

Breaking News Inggris Liga Inggris Virus Corona FA
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.168

Bagikan