Kericuhan di Final Kontra Timnas Indonesia U-22, Federasi Thailand Menyesal dan Akan Jatuhkan Hukuman

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 17 Mei 2023
Kericuhan di Final Kontra Timnas Indonesia U-22, Federasi Thailand Menyesal dan Akan Jatuhkan Hukuman
Timnas Thailand U-22. (FAT)

BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) merespons insiden yang terjadi di final sepak bola putra SEA Games 2023, yang mempertemukan Timnas Thailand U-22 dengan Indonesia di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Selasa (16/5). Gesekan berujung kekacauan terjadi.

Yang pertama terjadi usai gol kedua Thailand yang dicetak Yotsakon Burapha pada menit ke-90+7. Gol tersebut membuat kedudukan menjadi 2-2.

Sebelum gol tersebut, personel Timnas Indonesia U-22 sempat berselebrasi karena menyangka wasit meniup peluit panjang saat kedudukan 2-1 untuk Indonesia.

Kericuhan terjadi menyusul provokasi yang dilakukan oleh ofisial dan pemain Timnas Thailand U-22. Pihak di Timnas Thailand U-22 berlari di depan bench Indonesia. Gesekan pun terjadi.

Adapun kericuhan kedua terjadi menyusul gol ketiga Indonesia yang dicetak Irfan Jauhari di babak tambahan pertama (94'). Komang Teguh dan kiper Thailand dikartu merah usai saling pukul, pun dua ofisial Thailand yang melepaskan pukulan.

Baca Juga:

Muhammad Ferarri Kehilangan Kata-kata Usai Timnas U-22 Akhiri Puasa Medali Emas SEA Games

Timnas U-22 Juara SEA Games 2023, Momentum Kebangkitan Sepak Bola Indonesia

Dua lagi pemain Thailand dikartu merah setelah itu karena pelanggaran. Adapun hasil akhir yakni 5-2 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-22 yang sekaligus mendapat medali emas.

"Asosiasi Sepak Bola Thailand ingin menyampaikan penyesalan atas insiden yang terjadi selama pertandingan sepak bola SEA Games, yakni final antara Timnas Thailand bertemu Indonesia pada 16 Mei," demikian pernyataan dalam laman Facebook.

FAT tidak terlalu mempersoalkan kegagalan meraih medali emas. Namun kecewa terhadap sikap dan perilaku yang ditunjukkan di lapangan.

"Selain performa timnas, Asosiasi menyampaikan kekecewaannya dan meminta maaf atas kekacauan di luar lapangan yang terjadi selama pertandingan. Gambaran yang muncul di hadapan penonton, baik di lapangan maupun penggemar sepak bola di seluruh dunia, telah menimbulkan kerugian besar bagi timnas sepak bola Thailand."

FAT menyatakan bahwa staf pelatih harus menjaga citra sebagai perwakilan rakyat Thailand.

"Asosiasi ingin menginformasikan hal itu. Sebuah komite akan dibentuk untuk menyelidiki semua orang yang relevan untuk mengetahui fakta dengan segera. Dan akan ada hukuman berat tanpa perlindungan bagi personel yang menyebabkan kericuhan dalam insiden ini. Proses ini akan dimulai segera setelah tim kembali ke Thailand."

"Asosiasi ingin menyampaikan penyesalan kami kepada penggemar sepak bola Thailand, orang-orang Thailand, mereka yang terlibat dan sangat terpengaruh oleh acara ini. Dan akan mengirimkan surat permintaan maaf resmi ke organisasi lain yang terkena dampak peristiwa ini dan bersedia menerima segala saran guna meningkatkan kinerja dan mencegah kejadian serupa terulang kembali."

Sementara itu, ofisial Timnas Thailand U-22 yang terlibat dalam kericuhan dilaporkan sudah menyampaikan permintaan maaf langsung kepada tim pelatih dan manajer Sumardji.

Thailand Timnas Indonesia U-22 SEA Games 2023
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan