Kesan Pertama Pembalap MotoGP Coba Sirkuit KymiRing: Sangat Menuntut Teknik

Hendry WibowoHendry Wibowo - Selasa, 20 Agustus 2019
Kesan Pertama Pembalap MotoGP Coba Sirkuit KymiRing: Sangat Menuntut Teknik
Sesi Tes di Sirkuit KymiRing Berlangsung pada Trek Basah (Istimewa)

BolaSkor.com - Lap pertama motor MotoGP di Sirkuit KymiRing, Finlandia, Senin (19/08), berlangsung pada trek basah. Enam pembalap dari enam tim pabrikan berbeda di MotoGP memang mengaspal di KymiRing, yang diplot bakal jadi tuan rumah MotoGP mulai musim depan.

Hanya saja hujan sempat menunda aksi pembalap. Tes akhirnya baru dimulai usai makan siang dan berakhir pukul 18.00 waktu setempat.

Baca Juga:

Desain Sirkuit MotoGP Indonesia Lolos Homoligasi

Peran Besar Dani Pedrosa dalam Riset Motor KTM di MotoGP 2020

Menariknya, pembalap tuan rumah, Mika Kallio yang berstatus pembalap penguji KTM, jadi sosok pertama yang turun ke lintasan. "Saya pikir untuk semua orang yang bisa tampil di rumah sendiri sangat spesial," kata Kallio.

"Saya orang pertama yang mencoba motor MotoGP di KymiRing. Tentu sangat spesial saya bisa mendapatkan lap tersebut," tambahnya.

Pembalap Pelajari Lay Out Sirkuit KymiRing
Pembalap Pelajari Lay Out Sirkuit KymiRing (Istimewa)

Berbicara karakteristik, KymiRing memiliki panjang 4,6 km dan 18 tikungan. Menariknya pembalap bakal disajikan banyak tikungan pada paruh kedua lap di trek ini.

Sepintas, KymiRing punya ciri khas sama dengan Sirkuit Silverstone yang juga punya 18 tikungan, tapi lebih panjang 1,3 soal jarak.

Oleh karena itulah, pembalap penguji Aprilia, Bradley Smith mendeskripsikan fakta KymiRing berkelok-kelok, bakal menuntut teknik pembalap dalam menaklukkan trek.

"Sirkuitnya sangat sempit, berkelok-kelok, dan sedikit lambat pada beberapa sektor. Kami punya Sirkuit Silverstone yang sedikit mirip dengan KymiRing," kata Smith.

"Saya pikir motor Moto3 atau Moto2 bakal lebih cocok di trek ini ketimbang MotoGP. Sangat banyak tikungan yang bakal membuat pembalap kesulitan, ini bakal jadi tantangan dari sudut pandang teknik," lanjutnya.

Dengan masuknya Finlandia di kalender Kejuaraan Dunia Balap Motor tahun 2020, maka lomba musim depan akan bertambah menjadi 20.*

Breaking News MotoGP 2020 Sirkuit KymiRing MotoGP Finlandia
Ditulis Oleh

Hendry Wibowo

Motorsports Enthusiast and Giallorossi Fan
Posts

2.794

Bagikan