BolaSkor.com - Kondisi kesehatan legenda asal Brasil, Pele, dikabarkan memburuk. Pasca menjalani operasi pinggul, lelaki berusia 79 tahun tersebut tak lagi bisa berjalan tanpa alat bantu. Putra Pele, Edinho, mengatakan ayahnya mengalami depresi karena merasa malu dengan kondisinya.

"Jadi dia memiliki masalah dengan mobilitas dan ini telah menyebabkan semacam depresi. Bayangkan, dia adalah raja, dia selalu menjadi sosok yang mengesankan dan hari ini dia tidak bisa berjalan dengan baik," tutur Edinho, dilansir dari Globoesporte.

Pele Sering kali muncul di publik menggunakan kursi roda. Edinho juga mengatakan sang ayah sebenarnya malu dan enggan meninggalkan rumah karena tidak sehat.

Baca Juga:

Nostalgia - Ketika Pele Menjadi Pencari Bakat Fulham

Gordon Banks dan Penyelamatan Ajaib yang Melawan Gravitasi

7 Ramalan Meleset Pele, Berikutnya Liverpool?

Pele

"Dia malu, dia tidak ingin keluar, terlihat, atau melakukan apa pun yang harus meninggalkan rumah," lanjutnya.

Mantan penyerang timnas Brasil tersebut sebelumnya telah mengalami masalah pada pinggulnya selama bertahun-tahun. Pada 1977, ia juga harus kehilangan ginjal sebelah kanan karena penyakit batu ginjal yang dideritanya.

Di balik masalah kesehatannya, pemain satu-satunya yang memenangkan tiga Piala Dunia tersebut, sempat menghadiri undian Piala Dunia 2018, yang berlangsung di Rusia, meski ia harus menggunakan kursi roda. Namun ia dikabarkan pingsan karena kelelahan satu bulan setelahnya.

Pele bukan sekedar pesepakbola di era kejayaannya. Dia ikon sepak bola Brasil yang mendunia ketika bermain sebagai pesepakbola profesional pada periode 50 hingga 70-an. Pele mengemas 92 caps dan 77 gol dengan timnas Brasil. Sepanjang kariernya di level klub, Pele hanya membela Santos (1956-1974) dan New York Cosmos (1975-1977).

Penulis: Deva Asmara Kusuma