BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) siap menjadikan Vietnam sebagai tuan rumah Piala AFF 2020. Kesiapan ini muncul dalam pertemuan virtual Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) pada Kamis (11/6).

Pertemuan juga menyepakati bahwa Piala AFF 2020 akan digelar sesuai rencana yakni pada 23 November sampai 31 Desember. Atau setelah Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran kedua rampung.

VFF dalam lamannya menjelaskan bahwa Komite Kompetisi AFF tengah mempertimbangkan perubahan format. Dan Vietnam muncul sebagai calon jika Piala AFF 2020 digelar dengan format home tournament.

Baca Juga:

Lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia Kemungkinan Beruji Coba Melawan Irak

6 Kompetisi Resmi Federasi Sepak Bola Vietnam yang Sudah Mulai Dijalankan

Vietnam merupakan negara yang sukses menghentikan penyebaran virus corona. Sepak bolanya sudah mulai berjalan sejak pertengahan Mei.

"Dengan kondisi yang sudah baik terkait pencegahan penyakit dan izin dari pemerintah serta kementerian terkait, VFF siap menjadi tuan rumah undian dan Piala AFF 2020," tulis di laman VFF.

Wakil Ketua VFF sekaligus Wakil Ketua Komite Kompetisi AFF, Tran Quoc Tuan. (VFF)

Piala AFF telah digelar dengan format kandang dan tandang sejak fase grup sejak edisi 2018. Format ini telah meninggalkan kebiasaan menggelar fase grup di dua negara.

Adapun undian Piala AFF 2020 direncanakan digelar pada Agustus. Pertemuan juga menyepakati rencana AFF Futsal Klub 2020 pada 2 hingga 7 Desember. Selain itu menggeser Kejuaraan AFF Futsal ke 25-31 Januari 2021.

"Kedua ajang futsal akan diselenggarakan di Thailand," tulis VFF. Komite Kompetisi AFF juga mendukung Australia menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita 2023.