BolaSkor.com - West Ham United akan menantang Liverpool pada laga pekan ke-27 Premier League di Stadion Anfield, Selasa (25/2) dini hari WIB. Ini merupakan sebuah laga megaberat bagi The Hammers.

Melihat catatan ke belakang, kemenangan di Stadion Anfield terbilang barang langka bagi West Ham. Bahkan dalam 57 musim, The Hammers hanya mampu tiga kali pulang membawa kemenangan dari markas Liverpool. Kemenangan terakhir terjadi saat West Ham menang 3-0 atas Liverpool pada September 2015.

Baca Juga:

Liverpool Keok pada Leg Pertama, Klopp Berharap Bantuan Atmosfer Anfield

Jurgen Klopp: Belum Waktunya Liverpool Berpesta

Namun momen terbaik di Anfield, yang hingga kini masih terus diingat publik The Hammers terjadi 52 tahun sebelumnnya, tepatnya pada 14 September 1963. Saat itu West Ham yang dilatih Ron Greenwood memetik kemenangan 2-1 atas Liverpool asuhan manajer legendaris Bill Shankly.

Berbeda situasi dengan sekarang, kala itu kedua kubu dihuni banyak pemain bintang. Bahkan enam pemain, tiga di masing-masing kubu, akan memperkuat tim nasional Inggris pada Piala Dunia 1966. Di kubu Liverpool ada Roger Hunt, Ian Callaghan, dan Gerry Byrne. Sedangkan dari West Ham ada Bobby Moore, Geoff Hurst, dan Martin Peters.

Dan, pada laga di Anfield, trio West Ham tersebut yang tampil gemilang. Sebuah perjuangan yang epik jika melihat performa Liverpool sebelum laga ini. The Reds datang dengan modal kemenangan 3-1 atas Chelsea dan Wolverhampton Wanderers. Bursa taruhan pun condong ke tuan rumah.

Akan tetapi pasukan Greenwood punya ide lain. West Ham yang menampilkan skuat dengan rata-rata usia 22,5 tahun mampu memberi perlawanan. Mereka bahkan mampu unggul 2-0 terlebih dulu di babak pertama lewat gol Martin Peters pada menit ke-11 dan Geoff Hurst (33).

Pada laga itu sendiri, Bobby Moore menjadi sosok penting dari kemenangan West Ham. Kapten Inggris yang mengangkat trofi Piala Dunia 1966 itu tampil solid di lini pertahanan. Moore mampu menjadi pembimbing bagi Dave Bickles, pemain berusia 19 tahun yang menjadi mitranya di sentral pertahanan.

Liverpool sejatinya bisa membuat gol pada menit 61 jika Ronnie Moran sukses mengeksekusi tendangan penalti. Namun bola sepakannya bisa dibendung kiper West Ham, Jim Standen. The Reds akhirnya mampu membuat gol empat menit kemudian lewat Roger Hunt.

Bagi West Ham, ini merupakan kemenangan tandang pertama mereka atas Liverpool di kompetisi kasta tertinggi Inggris sejak Februari 1928.

Kini West Ham kembali ke Anfield. Mampukah The Hammers kembali menghadirkan kejutan?