Ketika Bola Piala Dunia 2022 Harus Dicas Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

Johan KristiandiJohan Kristiandi - Jumat, 02 Desember 2022
Ketika Bola Piala Dunia 2022 Harus Dicas Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan
Al-Rihla (Twitter)

BolaSkor.com - Piala Dunia 2022 memang menjadi satu di antara ajang yang paling banyak menggunakan teknologi terkini. Satu contoh yang terlihat adalah penerapan teknologi kepada bola Piala Dunia 2022, Al-Rihla.

Piala Dunia 2022 memasuki tahap akhir babak grup. Banyak pertandingan yang berlangsung ketat dan menarik sehingga dibutuhkan penegakkan peraturan oleh sang pengadil.

Menariknya, kali ini wasit juga dibantu oleh teknologi terbaru. Contohnya, bola Piala Dunia 2022 yang bernama Al-Rihla memiliki sensor di dalamnya.

Baca Juga:

Hasil dan Klasemen Akhir Grup F Piala Dunia 2022: Belgia Pulang, Maroko dan Kroasia ke 16 Besar

Piala Dunia 2022: Romelu Lukaku, Sosok Pembeda untuk Belgia yang Meresahkan Kroasia

Kroasia Vs Belgia: Duel Gelandang Terbaik Dunia, Luka Modric Kontra Kevin De Bruyne

Sensor tersebut memiliki banyak kegunaan. Kini, letak pasti bola bisa diketahui sehingga bisa lebih tepat dalam menentukan offside. Selain itu, Al-Rihla bisa mengetahui apakah ada sentuhan yang dilakukan oleh pemain. Kemampuan-kemampuan itu sangat berguna dalam penggunaan VAR.

Tidak heran, sebelum pertandingan terlihat beberapa bola Al-Rihla terlihat sedang dicas untuk mengisi daya. Sumber daya dibutuhkan untuk membuat sensor tetap hidup.

Kegunaan sensor pun terlihat pada beberapa momen. Misalnya adalah ketika gol Portugal melawan Uruguay yang diberikan untuk Bruno Fernandes, bukannya Cristiano Ronaldo. Meski Ronaldo mengklaim menyentuh bola, tetapi sensor tidak membacanya.

Sensor di dalam Al-Rihla kembali beraksi pada gol kemenangan Jepang melawan Spanyol. Bola mengirim informasi jika belum 100 persen meninggalkan lapangan.

Piala dunia 2022 Breaking News Serba-Serbi Piala Dunia 2022
Ditulis Oleh

Johan Kristiandi

Life is too short, but i will live for you.
Posts

14.515

Bagikan