Ketika Data Statistik Menjadi Tak Begitu Berarti

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Rabu, 27 Februari 2019
Ketika Data Statistik Menjadi Tak Begitu Berarti
Jorginho (premierleague)

BolaSkor.com - Di era sepak bola modern, peran data statistik semakin mendapatkan tempat. Tapi, benarkah semua data statistik itu benar-benar berguna?

Data statistik sangat membantu untuk mengetahui perkembangan pemain atau sebuah tim. Angka-angka tersebut dapat memberikan gambaran tentang kekuatan atau kelemahan sebuah tim, yang tentu berguna di atas lapangan.

Namun, ada kalanya data statistik yang secara sekilas terlihat wah, namun sejatinya hanya menjadi topeng untuk sesuatu yang biasa saja, bahkan bisa dibilang tidak begitu berarti.

Baca juga:

Bob Marley, Musik dan Sepak Bola

Andrea Petagna, Bomber Penerus Mario Balotelli

Jorginho
Jorginho (premierleague)

Jumlah Umpan

Musim ini, gelandang Chelsea, Jorginho, mengukir catatan luar biasa dalam hal melepaskan umpan. Dia acap disebut sebagai motor dari permainan The Blues di bawah asuhan Maurizio Sarri.

Jorginho merupakan pemain dengan jumlah umpan terbanyak, tidak hanya musim ini, tapi juga sepanjang sejarah Premier League. Namun, meski mencatat 2.280 umpan sukses, Jorginho sama sekali belum membuat assist.


Total Tembakan

Selain umpan, jumlah tembakan yang dilepaskan juga tidak serta merta merupakan catatan positif. Bukankah semakin banyak menembak berarti sebuah tim bermain agresif dan mampu mendominasi lawan? Tidak juga.

Cristiano Ronaldo

Menurut sebuah riset yang dilansir BBC, ada empat contoh laga yang mencatat seorang pemain melepaskan tembakan terbanyak dan timnya justru kalah karena tak bisa membuat gol.

Salah satu pertandingan yang menjadi contoh adalah saat Manchester United melawan West Ham United pada Desember 2006. Saat itu, Cristiano Ronaldo melepaskan 11 tembakan, empat on target. Namun United kalah oleh gol semata wayang Nigel Reo-Coker.


Gol Penghibur

Dalam sebuah pertandingan sepak bola, gol adalah tujuan akhir, hal yang menentukan siapa yang menjadi pemenang. Namun, tidak semua gol berujung keriaan.

Ya, sebutan gol hiburan tentu sudah tidak asing lagi. Ini adalah gol yang tidak lagi menentukan bagi tim yang membuat gol karena sudah dipastikan keok.

Matthew Le Tissier
Matther Le Tissier (PremierLeague)

Terkait catatan ini, ada satu pemain yang bisa dikatakan sebagai langganan membuat gol hiburan di Premier League. Pemain itu adalah, Matthew Le Tissier.

Legenda Southampton tersebut menjadi pemain yang mencetak gol hiburan terbanyak dalam sejarah Premier League dengan 32 gol.

Le Tissier bahkan memiliki catatan unik lain terkiat soal membuat gol dan timnya tetap menelan kekalahan. Dia tercatat dua kali membuat hat-trick dan timnya tetap mengecap kekalahan.

Dalam sejarah Premier League, ada tiga pemain seperti Le Tissier, yang timnya tetap kalah meski membuat hat-trick. Ketiga pemain itu adalah Dion Dublin, Dwight York, dan Roque Santa Cruz.

Premier League
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan