Ketika Empat Pelatih Papan Atas Serie A Kompak Diusir Wasit

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Senin, 25 Oktober 2021
Ketika Empat Pelatih Papan Atas Serie A Kompak Diusir Wasit
Jose Mourinho menjadi salah satu pelatih yang dikartu merah wasit. (Twitter)

BolaSkor.com - Fenomena unik mewarnai jalannya pekan kesembilan Serie A 2021-2022. Empat pelatih papan atas seolah janjian untuk diusir wasit.

Gian Piero Gasperini menjadi pelatih yang memulai fenomena ini. Juru taktik Atalanta itu menerima kartu merah saat menjamu Udinese di Gewiss Stadium, Minggu (24/10).

Gasperini menerima kartu merah pada masa injury time. Saat itu Atalanta sedang unggul 1-0.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Gol Penalti Dybala Gagalkan Kemenangan Inter, PSG Ditahan Marseille

Mantan Wasit Serie A Sebut Juventus Tidak Layak Dapat Penalti

Respons Inzaghi Hadapi Juventus yang Tak Lagi Diperkuat Cristiano Ronaldo

Gian Piero Gasperini

Menariknya, Gasperini tak tahu alasan pasti wasit mengusirnya dari bangku cadangan. Apesnya, Udinese mampu menyamakan kedudukan tak lama setelah dirinya dikartu merah sehingga laga berakhir 1-1.

“Saya tidak marah dengan siapa pun. Saya sama sekali tidak tahu mengapa saya mendapat kartu,” kata Gasperini kepada Sky Sports.

“Dia (wasit) datang untuk memberi kartu kuning, saya tidak mengatakan apa-apa, dan kemudian ada kartu merah. Ini adalah masalah besar bagi wasit, karena tidak ada seorang pun di pinggir lapangan yang mengeluh tentang apa pun."

Beberapa jam kemudian, Jose Mourinho dan Luciano Spalletti mengikuti jejak Gasperini. Keduanya diusir keluar lapangan saat AS Roma dan Napoli bertemu di Stadio Olimpico.

Mourinho lebih dulu dikartu merah pada menit ke-81. Pelatih berkebangsaan Portugal itu menerima kartu kuning kedua setelah yang pertama pada menit ke-19.

Sama seperti Gasperini, Mourinho tak tahu secara pasti alasan wasit mengusirnya. Ia merasa tak melakukan kesalahan.

“Saya tidak senang dengan keputusan wasit, tetapi saya tidak mengatakan sepatah kata pun,” kata Mourinho kepada DAZN.

Nasib lebih sial menimpa Spalletti. Ia mendapat kartu merah setelah pertandingan berakhir saat berbicara dengan wasit yang bertugas, Davide Massa.

Sama seperti Mourinho, Spalletti tak merasa menghina wasit. Ia justru memuji kinerja sang pengadil.

“Saya pergi kepadanya untuk mengatakan 'Bagus sekali'. Dia menggabungkan semuanya dan menunjukkan kartu merah kepada saya," kata Spalletti.

Sikap Keras Simone Inzaghi

Simone Inzaghi mengikuti tren ini saat Inter Milan menjamu Juventus di Giuseppe Meazza. Namun berbeda dengan tiga pelatih sebelumnya, pria berusia 45 tahun tersebut memang melakukan protes berlebihan.

Inzaghi terlihat berteriak dan melempar rompi setelah wasit memberikan hadiah penalti kepada Juventus. Keputusan itu memang cukup kontroversial meski VAR sudah digunakan.

Sikap Inzaghi itu membuat Maurizio Mariani tak ragu mengeluarkan kartu merah langsung. Laga kedua tim akhirnya juga berakhir imbang 1-1.

Fenomena ini tentu menjadi preseden buruk bagi Italia. Operator Serie A harus mengambil tindakan untuk mencegah hal ini terulang di masa depan.

Serie a Jose Mourinho Gian Piero Gasperini Luciano Spalletti Simone Inzaghi Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan