Ketika Erik ten Hag Ubah Wajah Manchester United dalam Sepekan

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Selasa, 23 Agustus 2022
Ketika Erik ten Hag Ubah Wajah Manchester United dalam Sepekan
Manchester United (Twitter)

BolaSkor.com - Manchester United tampil mengejutkan saat mengalahkan Liverpool pada pekan ketiga Premier League 2022-2023. Erik ten Hag secara ajaib mampu mengubah wajah Setan Merah dalam waktu satu pekan saja.

Nada pesimisme memang menyelimuti suporter Manchester United jelang laga kontra Liverpool. Itu tak lepas dari kekalahan beruntun pada dua pertandingan pembuka kontra Brighton dan Brentford.

Dua hasil minor tersebut membuat Manchester United terbenam di dasar klasemen. Performa yang ditunjukkan Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan juga sangat mengecewakan.

Baca Juga:

Gemasnya Jurgen Klopp Lihat Tingkah Satu Pemain Manchester United

Manchester United Tekuk Liverpool, Erik ten Hag: Ini Baru Permulaan

9 Statistik Menarik di Balik Keberhasilan Manchester United Menumbangkan Liverpool

Wajar jika bayangan kekalahan ketiga menghantui kubu Manchester United saat menerima kedatangan Liverpool. Tim asuhan Jurgen Klopp memang sangat superior dalam beberapa pertemuan terakhir.

Namun semua ketakutan tersebut terjawab dengan performa heroik para pemain Manchester United sepanjang laga. Sentuhan tangan dingin Ten Hag pun mulai dapat dirasakan.

Ten Hag memang membuat keputusan berani dalam menyusun daftar starter. Ia memilih mencadangkan sederet pemain kunci seperti Fred, Luke Shaw, Harry Maguire dan Cristiano Ronaldo.

Sebagai gantinya, Ten Hag memberi kesempatan kepada Raphael Varane, Tyrell Malacia, dan Anthony Elanga untuk unjuk gigi. Juru taktik berkebangsaan Belanda itu juga dengan berani menurunkan Marcus Rashford sebagai ujung tombak meski performa sang pemain cukup mengecewakan pada dua laga sebelumnya.

Perjudian Ten Hag nyatanya berbuah manis. Manchester United mampu mengalahkan Liverpool dengan skor 2-1 melalui sumbangan gol Jadon Sancho dan Rashford.

Proses gol Jadon Sancho

Kemenangan ini bukan kebetulan semata. Sejumlah statistik menunjukkan Manchester United tampil jauh lebih baik ketimbang saat kalah 0-4 dari Brentford, delapan hari sebelumnya.

Perbedaan paling mencolok adalah jarak yang ditempuh para pemain Manchester United. Mereka mampu berlari sejauh 113,8 km pada laga kontra Liverpool atau lebih jauh 19 km daripada saat takluk dari Brentford.

Pengorbanan para pemain Manchester United untuk menang juga terlihat dari jumlah sprint yang dilakukan. Sancho dan kolega tercatat melakukan 115 sprint atau lebih dari dua kali lipat pada laga kontra Brentford dengan 65 sprint.

Para pemain Manchester United juga membukukan 12 intersep, 24 tekel, dan 34 sapuan. Catatan tersebut membuat penguasaan bola Liverpool yang mencapai 70 persen menjadi tidak berarti banyak.

Menariknya, peningkatan agresivitas permainan Manchester United diikuti dengan kontrol emosi yang lebih baik. Tim tuan rumah hanya menerima 3 kartu kuning dari 11 pelanggaran.

Jumlah tersebut lebih sedikit dari yang ditorehkan Manchester United saat takluk dari Brentford. Ketika itu mereka mencatatkan 15 pelanggaran dengan 4 kartu kuning.

Erik ten Hag

"Saya menginginkan pendekatan yang berbeda dan sikap yang berbeda dan itulah yang mereka bawa ke lapangan. Ini baru permulaan," kata Ten Hag usai laga.

"Kami bisa bermain dengan lebih tenang dan lebih banyak menimbulkan ancaman. Bermainlah sebagai tim dengan semangat dan itulah yang kita lihat dalam pertandingan ini."

Kemenangan atas Liverpool tentu telah mengangkat sebagian beban berat yang ada di pundak Ten Hag. Hasil ini juga bisa dijadikan momentum untuk bangkit dan bersaing dalam perburuan gelar.

Namun hasil positif ini akan menjadi sia-sia jika Manchester United gagal mempertahankan performa pada laga-laga selanjutnya. Ten Hag tentu sudah punya formula untuk mencegah hal itu terjadi.

Manchester United Erik ten Hag Premier League Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan