Ketika Klopp Bandingkan Mo Salah dan Robert Lewandowski

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 15 Mei 2021
Ketika Klopp Bandingkan Mo Salah dan Robert Lewandowski
Jurgen Klopp dan Mohamed Salah (Twitter)

BolaSkor.com - Kualitas Jurgen Klopp dalam membentuk seorang pemain menjadi bintang tak perlu diragukan. Mohamed Salah menjadi contoh terakhirnya.

Klopp memboyong Salah ke Liverpool dari AS Roma pada musim panas 2017. Pemain berkebangsaan Mesir itu dibeli dengan harga sekitar 42 juta euro.

Keputusan Klopp tersebut sempat mengundang perdebatan. Ia dianggap mengeluarkan dana terlalu besar untuk pemain yang gagal bersinar bersama Chelsea.

Baca Juga:

Respons Jurgen Klopp Usai Tak Diacuhkan Sadio Mane

Bahas Bursa Transfer Liverpool, Klopp Singgung Mbappe, Haaland, dan Sancho

Klopp Kecewa dengan Aksi Vandal Suporter MU di Old Trafford

Namun keraguan itu dijawab Salah dalam waktu singkat. Ia mengakhiri musim perdananya dengan koleksi 44 gol dan 16 assist.

Salah juga berperan penting membawa Liverpool ke final Liga Champions. Sayang pada partai puncak, yang bersangkutan cedera usai dilanggar Sergio Ramos sehingga The Reds takluk dari Real Madrid.

Produktivitas gol Salah memang mulai menurun dua musim kemudian. Namun hal itu tertutupi dengan kesuksesan Liverpool menjuarai Liga Champions dan Premier League.

Jurgen Klopp dan Robert Lewandowski

Kesuksesan Salah mengingatkan publik dengan Robert Lewandowski. Pemain berkebangsaan Polandia itu juga ditemukan oleh Klopp semasa menangani Borussia Dortmund.

Lewandowski juga dibentuk Klopp menjadi penyerang yang haus gol hingga dibajak Bayern Munchen. Sang pemain kini menjadi salah satu bomber terbaik di Eropa.

Klopp sebenarnya enggan membandingkan kualitas Salah dan Lewandowski. Menurutnya, kedua pemain sama-sama menjalani karier yang fantastis.

“Izinkan saya mengatakannya seperti ini, Robert Lewandowski yang saya datangkan dengan jumlah uang yang berbeda bertahun-tahun yang lalu memiliki perkembangan luar biasa dari level yang berbeda," kata Klopp di situs resmi klub.

“Sementara Mo (Salah) merupakan pemain sepak bola yang sangat bagus dan berkembang besar menjadi mesin pencetak gol. Anda bisa merekrut seorang pemain tetapi kemudian kita semua bertanggung jawab untuk mewujudkannya."

Namun Klopp merasa Salah kurang dihargai publik seperti halnya Lewandowski. Namun hal itu tak membuatnya ragu dengan kualitas sang pemain.

“Mo kembali memainkan musim yang luar biasa, dan jika kami bermain pada level yang lebih konsisten maka jumlah golnya akan berbeda bahkan lebih baik. Dia adalah panutan yang nyata dan dia layak mendapatkan semua itu, tentu saja," pungkasnya.

Jurgen Klopp Mohamed salah Robert Lewandowski Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan