Ketika Kylian Mbappe Memotivasi Skuad Prancis di Paruh Pertama Laga Kontra Argentina

Arief HadiArief Hadi - Rabu, 21 Desember 2022
Ketika Kylian Mbappe Memotivasi Skuad Prancis di Paruh Pertama Laga Kontra Argentina
Kylian Mbappe (Twitter)

BolaSkor.com - Timnas Prancis gagal menyamai catatan Brasil dan Italia sebagai tim yang mampu mempertahankan titel Piala Dunia dua kali beruntun. Les Bleus menelan kekalahan di final Piala Dunia 2022 lawan Argentina.

Bermain di Lusail Stadium, Minggu (18/12) malam WIB, pertandingan berjalan dengan seru dan fans diberikan sajian kelas premium kala bintang di antara kedua tim saling berhadapan satu sama lain.

Laga berakhir imbang 3-3 di waktu normal sampai babak tambahan. Tiga gol Argentina datang dari dua gol Lionel Messi dan Angel Di Maria, sedangkan tiga gol Prancis dicetak melalui hat-trick penyerang PSG Kylian Mbappe.

Pada drama adu penalti dua penendang penalti Prancis, Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni, gagal mencetak gol. Sedangkan empat penendang Argentina menuntaskan tugas dengan baik. Argentina pun menang 4-2.

Baca Juga:

Tiba di Argentina, Lionel Messi Cs Disambut Lautan Manusia

Messi Jadi Olahragawan dengan Like Terbanyak di Instagram, tetapi Masih Kalah dari Sebutir Telur

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Brasil Masih Nomor Satu di Ranking FIFA

Argentina juara Piala Dunia untuk kali ketiga sekaligus yang pertama sejak 1986 dan megabintang peraih tujuh Ballon d'Or, Lionel Messi, mencapai puncak dunia dan juga kariernya dengan trofi Piala Dunia.

Terlepas dari euforia Argentina tersebut, apresiasi layak diberikan kepada Prancis khususnya Mbappe karena mereka sempat tertinggal 0-2 dan 2-3. Mentalitas kuat diperlihatkan Prancis di final tersebut.

Mbappe pun jadi sorotan dan banyak yang mengapresiasinya, sebab seorang diri ia mengangkat Prancis dengan tiga golnya tersebut, menjadikannya pemain pertama dalam 92 tahun sejarah Piala Dunia sebagai pencetak hat-trick di final.

Mbappe juga mendapatkan penghargaan Sepatu Emas atau top skorer dengan delapan golnya. Satu yang menarik selain gol-golnya itu adalah fakta apabila Mbappe sudah memperlihatkan kesiapannya memimpin generasi baru Prancis.

Sebuah video singkat berdurasi 27 detik muncul di media sosial, memperlihatkan ucapan motivasi yang coba diberikan Mbappe kepada rekan setimnya di paruh minum kontra Argentina. Kala itu Prancis tertinggal 0-2.

"Kami tidak boleh melakukan yang lebih buruk lagi dari yang kami lakukan (di babak pertama). Kami kembali ke lapangan, baik kami membiarkan mereka bermain atau kami bermain ofensif, memberikan intensitas dalam duel dan melakukan sesuatu yang lain, teman-teman," tutur Mbappe di video tersebut.

"Ini final Piala Dunia. Sudah selesai. Mereka mencetak dua gol, kami tertinggal dua gol. Kami bisa kembali. Teman-teman, ini (Piala Dunia hanya) setiap empat tahun."

Ucapan yang sederhana tapi sukses memotivasi rekan setimnya, sebab Prancis bangkit di babak kedua dan menyamakan kedudukan. Sikap Mbappe itu seolah membenarkan ucapan kapten Prancis saat ini, Hugo Lloris, akan keyakinannya kepada masa depan Prancis bersama Mbappe.

"Saya yakin turnamen ini bisa digunakan untuk masa depan tim Prancis," papar Lloris dikutip dari Standard Sports.

"Itu adalah sedikit peralihan antara generasi yang tiba di fase terakhir karier mereka dan generasi baru yang dipimpin oleh Kylian, yang menunjukkan kepemimpinan yang kuat di turnamen ini dan terlebih lagi di final ini. Kami harus menjaga tim Prancis ini di puncak."

Prancis Timnas Prancis Kylian Mbappe Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.105

Bagikan