BolaSkor.com - Barcelona tampil gemilang saat menjamu Athletic Bilbao dalam lanjutan LaLiga 2022-2023. Taktik yang digunakan Xavi Hernandez pun menuai pujian dari mantan pelatih Blaugrana.

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Senin (24/10) dini hari WIB, Barcelona mengalahkan Bilbao dengan skor telak 4-0. Ousmane Dembele tampil sebagai bintang dengan terlibat langsung dalam proses semua gol tuan rumah.

Dembele membuka keunggulan Barcelona lewat sundulan kepala pada menit ke-12. Setelah itu ia memberikan tiga umpan matang yang mampu dikonversi menjadi gol oleh Sergi Roberto (18'), Robert Lewandowski (22'), dan Ferran Torres (73').

Baca Juga:

Jadi Korban Kemenangan Barcelona, Sergi Roberto Gagal Tampil di Piala Dunia 2022

Ousmane Dembele Jadi Pembeda, Barcelona Bantai Bilbao 4-0

Mantan yang Baik, Valverde Tidak Ada Niat Balas Dendam kepada Barcelona

Hasil ini membuat terkejut pelatih Bilbao yang juga pernah menangani Barcelona, Ernesto Valverde. Ia mengaku terkecoh dengan taktik yang digunakan Xavi.

"Susunan starter Barca mengejutkan saya. Rencana taktik Xavi sangat bagus," kata Valverde usai laga.

"Pendekatannya dengan 4 gelandang dan Pedri di kiri membuat saya lengah. Itu mengganggu kami dan membuat mereka lebih unggul dari kami."

Ernesto Valverde dan Xavi Hernandez

Xavi memang menurunkan susunan pemain yang tidak biasa dalam laga ini. Ia secara berani memainkan Gavi di posisi winger dan mengorbankan Ansu Fati.

Meski ditempatkan sebagai winger, Gavi juga kerap menjelajah lini tengah. Hal ini membuat Barcelona hampir selalu unggul pemain di sektor yang vital tersebut.

"Mereka membuat kami menderita dari kanan, dari kiri, dan dari mana-mana," tutup Valverde.