BolaSkor.com - Performa bagus yang diperlihatkan Brighton & Hove Albion di awal musim Premier League bukan sekedar terjadi karena keberuntungan semata. Itu bisa dibuktikan melalui pertandingan melawan Arsenal.

Brighton arahan Graham Potter menjamu The Gunners di pekan tujuh Premier League di Falmer Stadium, Sabtu (02/10) malam WIB. Dan sebelum laga berlangsung Brighton memiliki peringkat yang lebih baik dari Arsenal.

Peringkat itu tak salah karena Brighton mampu mendominasi permainan melawan Arsenal sebanyak 59 persen penguasaan bola, bahkan mereka melepaskan 21 tendangan (dua tepat sasaran), sementara Arsenal delapan tendangan (dua tepat sasaran).

Tidak ada gol yang tercipta dan kedua tim berbagi satu poin. Brighton berada di urutan lima klasemen (zona Liga Europa) dengan raihan 14 poin, sedangkan Arsenal di urutan sembilan klasemen dengan catatan 10 poin.

Baca Juga:

Hasil Pertandingan: Arsenal Imbang, Juventus Menang Dramatis

Takehiro Tomiyasu, Pekerja Keras dengan Mentalitas Seperti Cristiano Ronaldo

5 Pemain Arsenal yang Didepak di Era Mikel Arteta

Brighton 0-0 Arsenal

“Secara personal dan kolektif, performa (Arsenal) perlu lebih baik terutama dengan tempat yang ingin kami tuju,” kata Aaron Ramsdale, kiper anyar Arsenal kepada Sky Sports. "Ini poin lainnya dan menjadi bulan yang baik, jadi kami terus mencari poin tersebut."

"Kami memiliki awal yang sulit, dan tidak ada yang bersembunyi dari itu. Kami telah bangkit dengan empat hasil bagus, Anda dapat melihat struktur tim dan satu yang terbentuk di lapangan."

Arsenal Kehilangan Amunisi Mencetak Gol

Raihan satu poin yang dapat diterima dan setidaknya tak menelan kekalahan setelah sempat kalah tiga kali beruntun di awal musim, plus kebobolan sembilan gol dan tidak mencetak gol.

Arsenal bangkit melalui tiga kemenangan sebelum akhirnya imbang oleh Brighton. Hasil imbang tanpa gol tersebut memastikan Arsenal hanya mencetak lima gol dari tujuh pertandingan awal liga.

Artinya menurut Opta, Arsenal mengukir catatan terburuk sejak musim 1986-1987 atau 35 tahun lalu dengan lima gol dari tujuh laga liga, jumlah terendah dalam catatan mencetak gol. Ironis, jika melihat Arsenal punya lini serang yang bagus dalam diri Pierre-Emerick Aubameyang, Alexandre Lacazette, Bukayo Saka, Nicolas Pepe, Martin Odegaard, dan Emile Smith Rowe.

Catatan minus lainnya adalah Arsenal hanya mencetak satu gol dari empat laga tandang di Premier League musim ini, yakni saat Martin Odegaard menjebol gawang Burnley dari tendangan bebas. Arsenal ada di urutan dua di bawah Norwich City dari catatan gol terendah di laga tandang pada awal musim ini.

Kendati demikian ada catatan positif yang dilihat Mikel Arteta dari timnya. Itu adalah pertahanan yang membaik dibanding tiga laga awal melawan Brentford, Chelsea, dan Manchester City (kala kebobolan total sembilan gol).

"Kami kebobolan satu gol dalam lima pertandingan terakhir yang benar-benar positif. Ini adalah blok (pertahanan) permainan yang sangat positif yang telah membantu kami mengubah situasi," ucap Mikel Arteta.

“Kami sekarang dapat fokus pada hal-hal yang kami lakukan dengan baik dan bekerja pada hal-hal yang perlu kami tingkatkan."