Ketika Pep Guardiola Cegah Erling Haaland Pecahkan Rekor Lionel Messi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Rabu, 15 Maret 2023
Ketika Pep Guardiola Cegah Erling Haaland Pecahkan Rekor Lionel Messi
Pep Guardiola (Twitter)

BolaSkor.com - Erling Haaland nyaris memecahkan satu rekor langka milik Lionel Messi saat Manchester City menjamu RB Leipzig pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions 2022-2023. Namun hal itu batal terjadi karena digagalkan Pep Guardiola.

Dalam laga yang berlangsung di Etihad Stadium, Rabu (15/3) dini hari WIB, Manchester City menghancurkan Leipzig dengan skor telak 7-0. Hasil itu memastikan langkah The Citizens ke perempat final dengan agregat 9-1/

Lima dari tujuh gol Manchester City diborong oleh Haaland. Ia membobol gawang Leipzig pada menit ke-22, 24, 45+2, 53', dan 57.

Baca Juga:

Mesin Gol Itu Bernama Erling Haaland

Hasil Liga Champions: Inter Milan dan Manchester City Lolos Perempat Final

Permintaan Sederhana Pep Guardiola kepada Kevin De Bruyne

Lima gol tersebut membuat Haaland sejajar dengan Messi dan Luiz Adriano. Keduanya juga pernah mencetak lima gol dalam satu laga di Liga Champions.

Itu artinya, Haaland hanya butuh tambahan satu gol lagi untuk melewati torehan Messi dan Luiz Adriano. Dengan sisa waktu lebih dari 30 menit, rasanya tak sulit penyerang berkebangsaan Norwegia tersebut melakukannya.

Namun pada momen inilah Guardiola mencegah hal itu terjadi. Juru taktik Manchester City itu menarik keluar Haaland pada menit ke-63.

Guardiola terang-terangan mengaku sengaja mencegah Haaland memecahkan rekor Messi. Namun ia punya alasan khusus di balik keputusan tersebut.

"Jika dia mencapai tonggak sejarah ini pada usia 22, 23, hidupnya akan membosankan. Dia tidak akan memiliki target untuk dicapai di masa depan," kata Guardiola dilansir dari Manchester Evening News.

"Itu sebabnya saya menggantikannya."

Keputusan Guardiola itu kemudian menimbulkan spekulasi liar. Mantan pelatih Barcelona tersebut dituduh melakukan hal tersebut demi menjaga salah satu rekor Messi.

Seperti diketahui, Guardiola dan Messi memang punya hubungan yang cukup baik. Kombinasi keduanya pernah membuat Barcelona mendominasi Eropa.

Namun Guardiola dengan mudah membantah rumor tersebut. Ia ternyata tak tahu bahwa Messi juga pernah membukukan lima gol dalam satu laga.

"Saya tidak tahu tentang (rekor) Messi kontra Leverkusen (pada 2012). Namun saya melakukan pergantian pemain karena biasanya ketika pertandingan saya rasa telah selesai, kami ingin memberikan menit bermain kepada semua pemain," tutupnya.

Manchester City Pep Guardiola Erling Haaland Lionel Messi Liga Champions Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan