BolaSkor.com - Jeda internasional di bulan Oktober terjadi tepat pada waktunya untuk Barcelona. Bagaimana tidak, Blaugrana sedang tidak dalam performa bagus menyusul serangkaian hasil minor di LaLiga dan Liga Champions.

Dalam enam laga terakhir Barca di seluruh kompetisi hanya sekali mereka menang kala melawan Levante (3-0), sementara sisanya berakhir dua kali imbang kontra Granada dan Cadiz, lalu tiga kekalahan kontra Bayern Munchen, Benfica, dan Atletico Madrid.

Situasi Barcelona sedang tidak baik-baik saja. Mulai dari kepergian Lionel Messi, kondisi finansial yang buruk, dan rekrutmen pemain 'seadanya'. Tak ayal dalam situasi performa menurun itu mereka menjadikan pelatih, dalam hal ini, Ronald Koeman sebagai kambing hitam.

Posisi Koeman 'panas' dengan munculnya rumor kandidat pengganti seperti Xavi, Andrea Pirlo, Roberto Martinez, hingga Erik ten Hag. Memecat atau menyalahkan pelatih acapkali jadi solusi mudah bagi klub.

Baca Juga:

Ditolak Barcelona, Darwin Nunez Malah Jadi Mimpi Buruk Blaugrana

Barcelona Gerak Cepat Pagari Bintang-bintang Mudanya

Xavi Hernandez Beri Kode untuk Barcelona

Louis van Gaal saat melatih Barcelona

Mantan pelatih Barcelona, Louis van Gaal turut membicarakan hal tersebut. Menurutnya sudah tidak mengherankan lagi jika pelatih, khususnya pelatih asing untuk disalahkan atas masalah di Barcelona. Bukan hanya pelatih tapi juga pemain asing.

"Sejarah berulang. Ini adalah hal yang biasa terjadi di Barcelona," tutur Van Gaal sebagaimana dilansir dari Marca.

“Ketika semuanya berjalan dengan baik dan Anda memberikan kontribusi penting, seperti yang telah dilakukan Frenkie de Jong beberapa tahun terakhir ini, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan."

"Tapi, ketika keadaan memburuk, orang-orang di Barcelona selalu melihat orang asing. Dalam hal ini, itu adalah pelatih. Saya menyarankan dia untuk tidak terlalu memperhatikan itu semua."

Secara tidak langsung Van Gaal, yang kini melatih timnas Belanda, memberikan saran kepada kompatriotnya (Koeman) untuk mengabaikan kritikan dan sorotan publik.