Ketika Suzuki dan Rossi Hampir Satu Atap

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 31 Desember 2022
Ketika Suzuki dan Rossi Hampir Satu Atap

BolaSkor.com – Dunia MotoGP menyimpan banyak rahasia kecil yang cukup mengejutkan. Ada banyak skenario-skenario tercipta yang hampir menjadi kenyataan.

Salah satunya dialami oleh Suzuki. Pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang ini ternyata berniat merekrut Valentino Rossi ke dalam timnya.

Peristiwa ini terjadi usai Suzuki memutuskan hengkang di akhir musim 2011. Ketika itu para petinggi Suzuki berencana kembali ke MotoGP dengan dipersenjatai oleh The Doctor.

“Berdasarkan pengumuman resmi saat keluar dari MotoGP, tertulis kita akan kembali. Jadi orang di paddock tahu perjalanan kita tidak akan berakhir di sini. Jelas saya juga tidak tahu saat itu akan menangani Suzuki,” ujar mantan manager Suzuki, Davide Brivio, dikutip dari crash.net.

“Pada awal 2012, bos Suzuki, Shinichi Sahara menghubungi saya. Dia berkata kita akan kembali dan melakukannya di musim 2014, jadi kita harus tahu apakah Rossi tertarik bergabung dengan proyek ini,” tambahnya.

Bukan tanpa alasan Suzuki mencuri start untuk merekrut The Doctor. Pasalnya ketika itu Suzuki ingin mengamankan posisi Rossi setelah beredar isu akan pindah dari Ducati usai mengalami kegagalan total di musim 2011.

Sayangnya rencana tersebut gagal total. Rossi menolak dengan alasan tidak mau menunggu terlalu lama. Jika ingin bekerjasama, setidaknya Suzuki harus turun di musim 2013.

“Saya beritahu Rossi mengenai hal ini, mengetahui saat itu kontrak Ducati dan dia selesai di akhir musim 2012. Dia lalu mengatakan kepada saya butuh motor di musim 2013, bukan di 2014. Jadi dia tidak bisa menunggu Suzuki,” tutur Brivio.

“Dan setelah itu saya memberitahu Shinichi Sahara, terima kasih dengan ketertarikan kamu, tetapi kita tidak bisa melakukan apa pun,” sambungnya.

Penolakan ini ternyata tidak membuat Suzuki menyerah. Sebaliknya mereka semakin agresif mengincar peraih sembilan kali gelar juara tersebut. Shinichi lantas melakukan langkah berani dengan menawarkan pembangunan markas Suzuki di Italia agar dekat dengan rumah Rossi.

“Dia menyadari pesan saya dan untuk beberapa waktu tidak ada lagi kabar dari Shinichi dan Rossi. Namun setelah beberapa saat, Shinichi menghubungi saya lagi. Saat itu dia berkata kepada saya, ‘Jika kita membangun markas baru Suzuki di Italia, apakah kamu tertarik mengaturnya?” ungkap Brivio

“Ketika Shinichi menghubungi saya untuk membujuk Rossi, dia juga mengatakan bersedia membangun markas di Italia, agar bisa menjaga Rossi,” lanjutnya.

Namun nasib berbicara lain. Pada musim 2013, Rossi memutuskan kembali ke Yamaha. Alhasil rencana Suzuki untuk merekrut The Doctor tertutup rapat.

Penulis: Bintang Rahmat

Valentino Rossi Motogp
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.962

Bagikan