BolaSkor.com - Timnas Tunisia menandai akhir perjalanannya di Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Prancis. Hasil ini sekaligus membangkitkan trauma masa lalu Les Bleus.

Dalam laga yang berlangsung di Education City Stadium, Rabu (30/11), Tunisia mengalahkan Prancis dengan skor tipis 1-0. Namun kemenangan ini tak mampu membawa Elang Kartago lolos ke babak 16 besar.

Pertandingan ini memang sudah tidak menentukan bagi Prancis. Kylian Mbappe dan kawan-kawan telah lebih dulu memastikan diri melaju ke babak 16 besar.

Baca Juga:

6 Fakta Menarik Prancis dan Australia Melaju ke Babak 16 Besar

Babak 16 Besar Piala Dunia 2022: Argentina Jumpa Australia, Prancis Ladeni Polandia

Hasil dan Klasemen Akhir Grup D Piala Dunia 2022: Australia Dampingi Prancis ke-16 Besar

Hal ini membuat rotasi besar-besaran dilakukan pelatih Prancis, Didier Deschamps. Ia nyaris mengubah susunan starternya.

Keputusan ini pada akhirnya harus dibayar mahal. Tunisia mampu memenangi pertandingan lewat gol tunggal Wahbi Khazri pada menit ke-58.

Hasil ini membuat Tunisia mengikuti jejak Senegal selaku wakil Afrika yang mampu mengalahkan Prancis saat berstatus juara bertahan. Momen tersebut sebelumnya terjadi pada edisi 2002 atau dua dekade silam.

Wajar jika para pemain Prancis kecewa dengan hasil ini. Apalagi rekor tak terkalahkan Prancis di Piala Dunia sejak tahun 2014 harus ikut terhenti.

"Saya benci kalah. Kami tidak berada di level yang dibutuhkan dan terlalu membuang peluang," kata Ibrahima Konate yang tampil penuh dalam pertandingan ini.

"Saya tidak bisa mengatakan penyebabnya karena ada terlalu banyak perubahan. Jika kita di sini hari ini, kita tidak bisa pergi dengan alasan itu."

Sementara kekalahan ini tidak diambil pusing oleh pelatih Prancis, Didier Deschamps. Ia tak menyesal mengistirahatkan banyak bintangnya justru membuat Prancis kalah.

"Rotasi ini akan membantu kami dalam empat hari. Beberapa pemain berisiko (cedera) dan kami baru saja bermain dua pertandingan dengan intensitas tinggi," kata Deschamps kepada RMC Sport.

"Kami telah mencapai tujuan. Kami akan pulih dan sekarang memulai kompetisi kedua."

Kemenangan atas Prancis nyatanya tak cukup bagi Tunisia untuk melanjutkan perjalanan di Piala Dunia 2022. Mereka harus puas mengakhiri kiprahnya di grup C dengan menduduki peringkat ketiga i bawah Australia.