BolaSkor.com - Pada 23 Mei 2015, Barcelona bermain imbang 2-2 saat menjamu Deportivo La Coruna di Stadion Camp Nou. Meski imbang, Barcelona memastikan diri menjadi juara LaLiga, pada penampilan terakhir Xavi Hernandez di Camp Nou dengan jersey Blaugrana.

Euforia bercampur keharuan kental terasa di Camp Nou. Kebahagiaan seremoni angkat trofi dipadu kesedihan karena melepas Xavi, pemain yang menjadi salah satu kunci utama kesuksesan Barcelona.

Baca Juga:

Nostalgia - Gol Sundulan Jadi Salam Perpisahan Zidane Kepada Publik Santiago Bernabeu

Copa del Rey 2009, Trofi Perdana Guardiola dan Hubungan Spesialnya dengan Athletic Bilbao

Mengenang Laga Terakhir Roberto Baggio, Ketika Bukan Lagi Hari Minggu

Pada saat itu, Xavi harus mengingkari janjinya. Sebelumnya, sang legenda berjanji tidak akan menangis saat mengucapkan selamat tinggal. Xavi terlihat tak kuasa menahan emosi.

"Saya berusaha mengendalikan emosi, tapi pada akhirnya itu tidak mungkin," ujar Xavi, yang kemudian bergabung dengan klub Qatar Al Sadd.

Xavi sangat terharu melihat publik Camp Nou yang memasang banner besar sebagai tanda terima kasih atas jasa sang bintang selama 17 tahun.

Xavi menutup karier sebagai pemain Barcelona dengan gemilang. Dia mengangkat trofi LaLiga di penampilan terakhirnya di Camp Nou. Sepanjang karier, Xavi sudah berjasa ikut membawa Barcelona merengkuh berbagai trofi sejak debut pada 1998. "Saya memiliki karier fantastis."

Tidak sedikit yang menyebut kepergian Xavi sebagai berakhirnya sebuah era di Barcelona. "Tidak ada yang bisa menggantikan Xavi. Tidak akan ada lagi Xavi. Sebagai pemain, dia unik," ucap Luis Enrique, pelatih Barca saat itu.

Xavi meninggalkan Barcelona dengan total 25 trofi: delapan LaLiga, tiga Copa del Rey, empat Liga Champions, 2 Piala Super Eropa, enam Piala Super Spanyol, dan dua Piala Dunia Antarklub.

Total Xavi mencatat 769 penampilan bersama Barcelona dengan menyumbang 85 gol dan 183 assist.