Ketinggalan Zaman, UEFA Pertimbangkan Hapus Aturan Gol Tandang

Arief HadiArief Hadi - Sabtu, 29 Mei 2021
Ketinggalan Zaman, UEFA Pertimbangkan Hapus Aturan Gol Tandang
Aleksander Ceferin, Presiden UEFA (Twitter)

BolaSkor.com - UEFA selaku Federasi Sepak Bola Eropa terus melakukan gebrakan untuk memodernisasi sepak bola di Eropa khususnya dari segi aturan atau regulasi. Salah satu hal yang saat ini tengah dikaji adalah gol tandang.

Menurut kabar dari The Times UEFA ingin menghapus aturan gol tandang yang sudah menjadi bagian seluruh kompetisi klub-klub Eropa sejak 1965. Pada Jumat (28/05) waktu setempat akan ditentukan bagaimana keputusannya.

Seperti diketahui gol tandang adalah aturan dalam sistem leg laga kandang dan tandang dalam perhitungan gol tandang. Apabila salah satu tim mencetak satu gol di laga tandang maka itu memiliki nilai lebih.

Baca Juga:

Tidak Takut, Presiden Barcelona Punya Siasat Antisipasi Hukuman UEFA

UEFA Segera Keluarkan Sanksi Berat untuk Juventus, Barcelona, dan Real Madrid

Terancam Tak Ikut Liga Liga Champions, Real Madrid, Barcelona, dan Juventus Bergeming

Suasana Liga Champions di Camp Nou

Nilai gol tandang lebih bernilai ketimbang gol kandang. Misalnya seperti ini, tim A mencetak gol tandang di leg pertama dan menang dengan skor 1-0, ini artinya di leg dua yang dihelat di kandang mereka tim lawan harus menang minimal 2-0 untuk lolos sebab skor 1-1 tidak akan membuat mereka lolos karena penilaian gol tandang yang juga disebut agresivitas gol tandang.

UEFA akan menanti keputusan di antara anggota yang diambil berdasarkan vote mengenai gol tandang itu. UEFA ingin menghapusnya sebab dari media yang sama aturan itu dinilai sudah ketinggalan zaman.

Aturan itu sudah dikenalkan untuk kali pertama di kompetisi sepak bola Eropa 56 tahun lalu, digunakan dalam sistem dua leg di Liga Champions dan Liga Europa. Selain itu turnamen-turnamen lokal di Eropa juga menerapkan aturan gol tandang itu.

Breaking News UEFA Liga Champions Liga Europa
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan