Ketua DPD RI La Nyalla Daftar sebagai Bakal Calon Ketum PSSI

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 13 Januari 2023
Ketua DPD RI La Nyalla Daftar sebagai Bakal Calon Ketum PSSI
Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti. (Istimewa)

BolaSkor.com - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia, La Nyalla Mattalitti, menyerahkan berkas administrasi persyaratan calon Ketua Umum (Ketum) PSSI periode 2023-2017. La Nyalla datang ke Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Jumat (13/1) siang WIB.

La Nyalla mengatakan, dirinya tergerak untuk melanjutkan kerja di PSSI yang sempat tersendat kala menjadi Ketum PSSI periode 2015-2019. Ia terpilih melalui 94 dari 107 suara voters lewat kongres di Surabaya. Kemudian, La Nyalla yang baru terpilih melalui kongres di Surabaya pada 2015, tak bisa bekerja.

Pasalnya, PSSI saat itu dibekukan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia ketika itu, Imam Nahrawi. Menpora Imam Nahrawi mengklaim ada administrasi tak beres dari klub Indonesia Super League (ISL) 2015 yang tak lolos verifikasi Badan Olaharaga Profesional Indonesia (BOPI).

Surat pembekuan dari Imam Nahrawi mengakibatkan sepak bola Indonesia mendapat sanksi dari FIFA. Induk sepak bola dunia itu menganggap ada intervensi pemerintah.

Baca Juga:

Exco PSSI Minta Shin Tae-yong Mundur: Gagal Out Lah

Timnas Indonesia Gagal ke Final AFF, Ketum PSSI: Mari Tatap Piala Asia dan Piala Dunia U-20

“Dari sinilah, berangkatnya berarti saya masih punya hutang untuk menyelesaikan tugas-tugas saya, yang dibawa oleh para voter yang meminta saya sebagai ketua umum 94 suara ini, akhirnya saya dalam tahanan bisa bebas murni, dan tidak terbukti apa yang dituduhkan kepada saya dan akhirnya saya menjadi Ketua DPD RI,” ujarnya.

“Kemudian, pada saat itulah saya mau mencalonkan diri sebagai ketua PSSI, tapi karena di situ ada calon ketua pak Iwan Bule (Mochamad Iriawan), saya anggap cukup kredibel pada saat itu, akhirnya saya tidak maju. Dan sekarang saya terpanggil, karena sudah waktunya kami melihat bahwa sudah waktunya saya harus membayar hutang saya, yang dulu saya diberi amanah oleh anggota PSSI para voter dari 94 itulah akhirnya saya sekarang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI.”

“Sesuai dengan janji saya, hadir pada hari ini 13 Januari sesudah salat Jumat, saya mendaftarkan diri di Kantor PSSI untuk mencalonkan sebagai Ketua Umum PSSI. Alhamdulillah sudah lengkap, kami sudah mendapatkan bukti semuanya lengkap. Saya didampingi oleh Calon Exco, Pak Gede Widiade dan Pak Bustami Zainudin.”

La Nyalla datang ke PSSI dengan dukungan dari dua voters.

“Saya dari voter hanya dua, dari jawa timur sama Persela. Tapi ingat, soal dukungan itu hanya untuk mencalonkan diri sebagai ketua umum PSSI, mencalonkan. Bukan dukungan itu berarti bahwa itu sudah mendapatkan pilihan dari voter,” tambahnya.

Nantinya, La Nyalla menyerahkan berkas ke Komite Pemilihan (KP) yang dipilih melalui kongres pada Minggu (15/1) mendatang. Setelah itu, berkas La Nyalla diperiksa KP sebelum ditentukan sebagai calon Ketum PSSI. Adapun pemilihan Ketum dan Exco PSSI digelar 16 Februari 2023 mendatang.

La nyalla mattalitti Pssi Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.023

Bagikan