Ketua NOC Indonesia Optimistis Lampaui Target di SEA Games 2021

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Kamis, 12 Mei 2022
Ketua NOC Indonesia Optimistis Lampaui Target di SEA Games 2021
Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari. (NOC Indonesia)

BolaSkor.com - Kontingen Indonesia mengawali langkahnya di SEA Games 2021 dengan cukup baik. Meski baru akan dibuka secara resmi pada hari ini, Kamis (12/5), tetapi Kontingen Indonesia sudah berhasil mendapatkan tiga medali emas, empat perak, dan satu perunggu.

Tiga medali emas dan empat medali perak berasal dari cabang olahraga (cabor) dayung dan pencak silat. Sementara satu medali perunggu direbut oleh Nadya Nakhoir dari cabor kick boxing.

Atas pencapaian sejauh ini, Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia, Raja Sapta Oktohari, mengatakan hasilnya sesuai prediksi.

"Itu (target) sebetulnya sudah hampir terukur para atlet-atlet kita yang akan mendapatkan medali emas, perak, maupun perunggu. Dan ini dibuktikan dari hasil analisis dari tim analisa kami yang hasilnya kira-kira sementara ini hampir 90 persen tepat," kata Raja Sapta Oktohari.

Baca Juga:

KBRI Pastikan Komitmen untuk Kontingen Indonesia di SEA Games 2021

Kontingen Indonesia Bawa Unsur Kebudayaan saat Opening Ceremony SEA Games 2021

Menurut Raja Sapta Oktohari, jika para atlet bisa terus menampilkan permainan terbaik dan fokus di setiap pertandingan maka bukan tidak mungkin Kontingen Indonesia bisa melewati target raihan medali di SEA Games 2021 ini.

Sebelumnya, Kontingen Indonesia ditargetkan minimal menyamai prestasi di SEA Games 2019 yang mendapatkan 72 medali emas.

"Ini kita cermati mudah-mudahan ke depan para atlet kita bisa tampil maksimal dan kami yakin bahwa kalau semuanya fokus, kita bisa mendapatkan yang lebih baik dari perencanaan (target) yang kita buat. Karena dalam perencanaan yang kita buat itu ada (atlet) yang (ditargetkan) dapat (medali) emas, ada yang dapat perak, ada yang dapat perunggu."

"Tapi dalam setiap pertandingan (atlet) yang (ditargetkan) dapat perunggu bisa dapat perak, yang dapat perak bisa dapat emas, begitu juga sebaliknya," tutur Raja Sapta Oktohari.

Pencapaian Kontingen Indonesia sampai satu hari sebelum pembukaan SEA Games 2021 juga mendapat apresiasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Deputi IV Menpora Bidang Peningkatan Prestasi, Chandra Bakti, menyebut kalau raihan tiga medali emas, empat perak, dan satu perunggu merupakan awal yang baik untuk Kontingen Indonesia.

"Tentu ini jadi sebuah harapan emas bagi semua atlet dan ini yang harus kita dukung dan tadi pak Ketum (NOC) menyampaikan bahwa dalam memberikan dukungan (untuk atlet/tim) akan kita bagi, (misalnya) Ketum NOC ke (pertandingan) mana, kemudian dari Menpora ke mana, begitu juga dukungan dari pak Dubes (RI untuk Vietnam) dan CdM (Chef de Mission). Dan besok kan akan hadir juga beberapa menteri yang juga akan menghadiri beberapa pertandingan," ujar Chandra Bakti.

Tim Indonesia Kontingen Indonesia Raja Sapta Oktohari SEA GAMES SEA Games 2021 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.175

Bagikan