Ketua Panpel dan Security Officer Arema FC Disanksi Seumur Hidup Imbas Tragedi Kanjuruhan

Rizqi AriandiRizqi Ariandi - Selasa, 04 Oktober 2022
Ketua Panpel dan Security Officer Arema FC Disanksi Seumur Hidup Imbas Tragedi Kanjuruhan
Suporter Arema FC merangsek ke dalam lapangan usai pertandingan kontra Persebaya Surabaya, Sabtu (1/10). (BolaSkor.com/Bimaswara Dumugi)

BolaSkor.com - Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi berat pada dua official Arema FC yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pertandingan melawan Persebaya Surabaya. Mereka adalah Abdul Haris (ketua panpel) dan Suko Sutrisno (Security Officer).

Keduanya dihukum larangan beraktivitas di lingkungan sepak bola seumur hidup. Sanksi diberikan karena Abdul Haris dan Suko Sutrisno dianggap gagal menjalankan tugasnya dengan baik pada pertandingan Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10) malam WIB.

"Sebagai ketua panpel, dia (Abdul Haris) bertanggung jawab terhadap kelancaran pertandingan besar ini sehingga dia harus jeli, harus cermat, dan harus bisa mengantisipasi kemungkinan yang terjadi," kata Ketua Komdis PSSI, Erwin Tobing, Selasa (4/10).

Baca Juga:

Buntut Tragedi Kanjuruhan, Komdis PSSI 'Usir' Arema FC dari Malang

18 Anggota Polisi Diperiksa dan 9 Komandan Brimob Dinonaktifkan Buntut Tragedi Kanjuruhan

"Kami melihat ketua panpel tidak melaksanakan tugas dengan baik, gagal mengantisipasi kerumunan orang di lapangan padahal dia punya steward. Kepada ketua panpel Arema, Abdul Haris, tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola seumur hidup," tuturnya menambahkan.

Sementara itu, Security Officer Arema FC Suko Sutrisno dinilai gagal mengantisipasi suporter yang berusaha merangsek ke dalam lapangan.

Suporter ini kemudian dipukul mundur oleh polisi menggunakan gas air mata sehingga banyak korban jiwa berjatuhan.

"Security Officer, Suko Sutrisno, orang yang mengatur keluar masuk penonton, bertanggung jawab terhadap beberapa poin tadi yang tidak terlaksana dengan baik. (Putusannya) tidak boleh beraktivitas di lingkungan sepak bola seumur hidup," ujar Erwin Tobing.

Arema FC Persebaya surabaya Komdis pssi Sanksi Komdis PSSI Liga 1 Breaking News
Ditulis Oleh

Rizqi Ariandi

Posts

4.297

Bagikan