Ketua Tim Medis PSSI Jelaskan Protokol Kesehatan TC Timnas Indonesia U-16

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Sabtu, 27 Juni 2020
Ketua Tim Medis PSSI Jelaskan Protokol Kesehatan TC Timnas Indonesia U-16
Timnas Indonesia U-16 (Dok.PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Tim Medis PSSI, dr. Syarif Alwi menjelaskan beberapa hal yang akan dilakukan oleh pemain dan staf pelatih Timnas Indonesia U-16 sebelum melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC) pada 6-29 Juli mendatang.

Pria yang kerap disapa Papi ini menjelaskan bahwa nantinya pada saat TC, semua elemen yang ada di Timnas Indonesia U-16, baik itu pemain ataupun pelatih akan menjalani tes Virus Corona selama setiap pekannya.

"Dari daerah masing-masing mereka dilakukan PCR, nanti sesampai di sini kita lakukan PCR lagi, tiga atau empat hari setelah itu kita lakukan PCR, setelah itu setiap minggu kita lakukan pemeriksaan rapid test," kata Syarif Alwi.

Baca Juga:

Pelatih China Waspadai Lawan di Grup D Piala Asia U-16 Termasuk Timnas Indonesia U-16

Bima Sakti Siapkan Tiga Tempat untuk Lakukan TC Timnas Indonesia U-16

"Ini kita lakukan karena memang sudah mengikuti standar aturan COVID-19 yang sudah kita buat bukunya dan minta persetujuan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," tambahnya.

Papi juga menambahkan nantinya selama pemain Timnas Indonesia U-16 menjalani masa karantina di hotel semua harus menaati peraturan yang ketat. Hal ini dilakukan guna mencegah pemain agar tidak terinfeksi Virus Corona.

"Setelah dikarantina ketat kita jaga, selain rapid test, kita lihat gejala klinisnya, karena anak-anak ini tidak juga kemana-mana, mulai dari mereka kemanapun naik mobil kita desinfektan semua," ujar papi.

"Sebelum latihan pun ada petugas desinfektan yang bertugas membersihkan dan menyemprot desinfektan lapangan," ujar Papi.

Dari panduan yang sudah dibuat oleh PSSI banyak prosedur yang harus dilalau. Prosedur terbilang ketat, karena PSSI ingin menjamin pemain dan ofisial berada dalam keadaan yang sehat.

"Untuk latihan sendiri, kita kasih standar tinggi. Tidak ada main-main soal ini, mereka pun keluar dari tempat itu tidak boleh, kita karantina, kalau mereka mau ke mal, tidak ada," pungkas Papi.

Pssi Timnas Indonesia U-16 Syarif alwi
Posts

4.871

Bagikan