BolaSkor.com - Persib Bandung dijatuhi sanksi oleh Komite Disiplin (Komdis) PSSI. Sanksi itu diberikan saat menjamu Persela Lamongan pada laga perdana Liga 1 2020, Minggu (1/3) lalu.

Tim berjulukan Maung Bandung ini dinilai gagal melaksanakan pertandingan kandangnya di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung. Sebab suporter fanatiknya bisa masuk ke area pertandingan.

Atas kejadian itu, Persib harus menerima sanksi berupa denda sebesar Rp 30 juta. Sanksi ini merupakan hasil sidang Komdis PSSI pada Jumat (13/3).

Ketua Umum Viking Persib Club (VPC), Herru Joko mengaku sangat menyesalkan dengan kejadian ini. Sebab seharusnya suporter Persib Bandung ini bisa lebih baik dibandingkan musim-musim sebelumnya.

Baca Juga:

Arema FC Persiapkan Opsi Perubahan Kontrak jika Liga 1 Berlanjut

Arema FC Panen Hukuman, dari Teguran Keras hingga Denda dari Komdis PSSI

"Tapi saya kira ini lagi berproses untuk menjadi lebih baik. Karena kita inginnya lebih baik, harapnya positif. Jadi pasti ini lagi berproses dan harusnya jangan ada lagi," kata Herru saat dihubungi, Jumat (3/4).

Herru mengatakan seharusnya Bobotoh bisa meniru sepak bola Eropa. Mulai dari awal hingga akhir pertandingan, penonton dengan tertib menyaksikan pertandingan dari kedua kesebelasan.

"Jadi sepak bola itu harus jadi tontonan keluarga. Yang garis keras, tonton dengan gayanya sendiri tapi tanpa denda, tanpa membuat kekacauan. Kan sudah ada aturannya," tuturnya.

Herru pun takkan henti-hentinya untuk terus mengingatkan para Bobotoh termasuk para anggotanya agar bisa lebih tertib saat menyaksikan pertandingan tim kebanggaannya. Bahkan ia berkeinginan agar Bobotoh bisa menjadi contoh bagi suporter Indonesia lainnya.

"Kita ingin mengalirkan energi yang lebih keren buat penyemangat tim. Kita akan banyak kolaborasi dengan semua orang karena Persib milik orang banyak. Banyak orang-orang kreatif yang tahu cara menggelorakan semangat lebih keren dengan cara yang positif," pungkasnya.

Sanksi ini kemungkinan akan kembali dialami Persib. Sebab di laga kandang keduanya saat menjamu PSS Sleman, Minggu (15/3), suporter Persib menyalakan flare. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)