BolaSkor.com - Ketua Umum Perbasi DKI Jakarta, Lexyndo Hakim, menghadiri pelaksanaan aktivasi lisensi wasit dan comissioner bola basket DKI Jakarta pada Minggu, 24 Juli 2022, di GOR Cempaka Putih, Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Lexy, panggilan akrabnya, memberikan apresiasi dan motivasi atas penyelenggaraan aktivasi lisensi wasit dan comissioner DKI Jakarta.

“Saya mengapresiasi kegiatan teman-teman wasit ini. Saya terbuka untuk diskusi, saran, dan keluhan apa pun demi profesionalitas wasit di Jakarta.”

“Ayo kita sama-sama buat terobosan untuk basket Jakarta. Sering-sering kita duduk bersama untuk diskusi. Insya Allah Perbasi Jakarta hadir memberikan hal yang baik,” ujar Lexy.

Lebih lanjut, Lexy menegaskan bahwa Perbasi DKI Jakarta menaruh perhatian khusus terkait aktivasi lisensi wasit dan comissioner.

Soalnya, aktivasi dan penyegaran lisensi wasit serta comissioner terakhir kali digelar sekitar tahun 2015.

Lexy tidak ingin ada wasit asal Jakarta yang bertugas tanpa legitimasi. Makanya, dia mengajak para wasit untuk sama-sama terbuka dan berperan aktif dalam penyegaran lisensi ini.

“Lisensi itu legalitas yang menyangkut profesionalitas teman-teman wasit. Mulai sekarang, saya memberi perhatian khusus, juga mengajak teman-teman aktif mengambil peran terhadap hal semacam ini.”

“Banyak di luar sana yang hari ini belum berkesempatan mengikuti aktivasi lisensi ini. Saya minta teman-teman juga saling menginformasikan.”

“Ini agenda penting. Kalau dirasa perlu, beberapa kali dalam setahun ada acara ini. Perbasi DKI Jakarta siap,” kata Ketum Perbasi Jakarta termuda ini.

Sementara itu, pelaksanaan aktivasi lisensi wasit dan comissioner Perbasi DKI Jakarta ini sekaligus penyegaran.

Para peserta akan mengikuti beberapa pembekalan dari hal teori, tes fisik (beep test), dan praktik wasit.

“Saya melihat teman-teman harus menjalani beberapa tes dan pembekalan. Kalau saya lihat cukup berat. Maka dari itu, saya minta jaga kesehatan fisik dan stamina masing-masing.”

“Dari sisi teori dan praktik, teman-teman juga dituntut harus terus mempelajari, memahami, serta memperbarui peraturan. Teman-teman harus bisa melakukan penyesuaian terhadap peraturan terbaru,” tutur Lexy, yang juga berprofesi sebagai Pengacara.

Selain itu, Lexy meminta teman-teman wasit untuk harus menjaga integritas. “Integritas adalah hal utama. Mari kita jaga itu dalam memimpin pertandingan apa pun.”

“Kita juga tahu di luar lapangan banyak orang merasa pintar. Jadi, mental teman-teman wasit juga harus makin kuat dan lebih baik lagi,” tambahnya.

Terlepas dari itu, pelaksanaan aktivasi lisensi wasit dan comissioner kali ini sudah harus terdata secara rapi.

Lexy meminta data-data semua wasit lengkap dimasukkan ke dalam database digital.

“Saya mengapresasi acara ini. Perlu diperhatikan juga, saya ingin kita semua sudah terintegrasi agar mudah berkolaborasi. Jadi, data teman-teman wasit berupa profil, foto, dan lainnya harus lengkap serta masuk dalam database Perbasi Jakarta,” ucap Lexy.

Aktivasi lisensi wasit dan comissioner digelar pda 23-24 Juli 2022 di GOR Cempaka Putih, Jakarta.

Ada 68 peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan perincian 56 wasit dan 12 comissioner. Aktivasi ini dikhususkan untuk wasit dan comissioner yang ada di level provinsi.