BolaSkor.com - PSSI sudah mengelurakan surat keputusan bernomor SKEP/53/VI/2020 untuk kembali menggelar kompetisi Liga 1 2020 pada bulan Oktober mendatang. Surat keputusan disampaikan langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor PSSI, Minggu (28/6).

Meski sudah menetapkan kelanjutan dari Liga 1, tapi PSSI belum memastikan kapan kick off akan kembali digelar dan regulasi apa saja yang akan diterapkan. Termasuk wacana menggunakan pemain U-20.

Meski demikian, Iriawan ingin setiap klub Liga 1 nanti wajib memainkan pemain U-20 pada setiap pertandingannya. Hal ini dikarenakan PSSI ingin tim bersinergi bersama untuk bisa membangun Timnas Indonesia U-19/20 yang lebih baik lagi.

Baca Juga:

Keluarkan Surat Keputusan, PSSI Berharap Awal Oktober Kompetisi Sudah Bergulir

Kemenpora Belum Terima Laporan Enam Stadion, Sekjen PSSI Merespons

"Nantinya itu ada aturan tambahan terkait dengan penggunakan pemain ini. Kewajiban untuk itu pasti nanti ada dan klub diharuskan untuk memainkan pemain U-20 dari pemain yang ada," kata Iriawan saat ditemu di kantor PSSI.

"Tapi nanti ada kepastian sekali regulasi akan dibahas lagi karena saat ini PT LIB sedang membahas ini secara internal. karena masih ada waktu dua tiga bulan sebelum bergulir jadi harus mematangkan betul regulasi pemain ini," tambahnya.

Seperti diketahui, wacana memainkan pemain U-20 muncul ketika PSSI melakukan diskusi dengan Asosiasi Pelatih Sepak Bola Seluruh Indonesia (APSSI) beberapa waktu yang lalu. Usulanan ini dilakukan agar mempermudah manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam mencari pemain.

Selain itu rencana ini untuk mendukung kebutuhan Timnas Indonesia U-19/20 yang bakal berlaga di Piala Dunia U-20 2021 dengan Indonesia menjadi tuan rumah.