BolaSkor.com - Biro Dewan FIFA, yang terdiri Presiden FIFA dan 6 Presiden Konfederasi mengumumkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia digelar pada tanggal 20 Mei hingga 11 Juli 2023.

Pengumuman ini disambut baik oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan. Iriawan berharap ajang bergengsi dunia ini dapat memberikan dampak positif untuk sepak bola Indonesia.

“Tanggal 20 Mei 2023 sebagai kick-off putaran final Piala Dunia U-20 FIFA merupakan tanggal yang penting bagi bangsa Indonesia karena bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional,” ujar Iriawan.

“Ini juga bisa menjadi momen kebangkitan bangsa Indonesia melalui sepak bola. Kami juga mengharapkan Piala Dunia U-20 FIFA memberikan dampak positif kepada masyarakat, mulai dari dampak ekonomi hingga dampak sosial.”

Baca Juga:

Israel Berpeluang ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, PSSI Beri Sikap Tegas

Resmi, FIFA Tetapkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia Digelar 20 Mei hingga 11 Juni

PSSI dengan dukungan penuh Pemerintah Republik Indonesia, siap menjadi tuan rumah dan menyukseskan event ini.

Insya Allah kita mampu dan sukses dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-20 FIFA tahun 2023 nanti,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi.

“Indonesia adalah negara besar yang siap bangkit dan menunjukkan jati diri yang sesungguhnya kepada dunia. Seperti raksasa yang bangkit dari tidurnya. Panitia lokal akan terus berkoordinasi dengan FIFA dan pemerintah, khususnya persiapan infrastruktur dan persiapan penyelenggaraan,” tambah Wakil Sekretaris Jenderal PSSI, Maaike Ira Puspita yang juga Lead Project Panitia Lokal Piala Dunia U-20 FIFA.

Sebelumnya, Piala Dunia U-20 diundur dari tahun penyelenggaraan pada 2021 lalu. Pandemi COVID-19 menjadi alasan turnamen tersebut diundur.

Delegasi FIFA sendiri baru saja menyambangi Indonesia pada bulan Juni 2022 ini. Mereka melakukan Inspeksi ke enam Stadion venue utama Piala Dunia U-20 202, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring Sriwijaya (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Nantinya, ada 24 tim yang berpartisipasi di Piala Dunia U-20 2023, termasuk Indonesia. Eropa mendapat jatah lima slot. Disusul Afrika, Asia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan dengan masing-masing 4 tim. Terakhir oceania dengan 2 tim.

Sejauh ini baru ada tiga tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023, selain Indonesia sebagai tuan rumah. Tiga tim tersebut adalah Prancis, Italia, dan Inggris.

Timnas Indonesia U-19/U-20yang diproyeksikan berlaga di Piala Dunia U-20 2023, sedang menjalani pemusatan latihan. Skuat Garuda Muda akan menghadapi Piala AFF U-19 2022 di Indonesia pada 2-15 Juli 2022.