Ketum PSSI Melepas Timnas Indonesia, Momen Haru Tak Terhindarkan

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Rabu, 11 Januari 2023
Ketum PSSI Melepas Timnas Indonesia, Momen Haru Tak Terhindarkan
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat melepas para pemain Timnas Indonesia. (PSSI)

BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, melepas para pemain Timnas Indonesia di Jakarta, Rabu (11/1). Momen mengharukan terjadi saat-saat perpisahan para pemain Timnas Indonesia yang sebelumnya mengikuti turnamen Piala AFF 2022.

Kegiatan yang diikuti oleh beberapa pemain Timnas yang masih ada di Jakarta, sambil menunggu kepulangannya ke klubnya masing-masing. Para pemain yang masih tersisa itu adalah Fachruddin Aryanto, Nadeo Argawinata, Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, dan Edo Ferbriansah. Kemudian ada asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto dan Direktur Teknik, Indra Sjafri hingga ofisial Timnas Indonesia.

Semua tertunduk haru mendengarkan perkataan Iriawan secara langsung yang menerima kegagalan Timnas Indonesia dalam mencapai target juara Piala AFF kali ini.

Maklum saja, PSSI dikepemimpinan Iriawan sangat fokus dan all out dalam mempersiapkan tim untuk mencapai target juara. Mulai dari sarana latihan berstandar FIFA di Bali, hotel bintang 5 Fairmont di Jakarta, hingga fasilitas carter pesawat untuk Timnas Indonesia saat melakukan laga tandang ke Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Baca Juga:

Timnas Indonesia Gagal ke Final AFF, Ketum PSSI: Mari Tatap Piala Asia dan Piala Dunia U-20

Pemain Timnas Indonesia Kembali ke Klub, Ketum PSSI: Tetap Semangat, Kejar Prestasi Lebih Baik Lagi

"Harus tetap semangat. Tidak apa-apa. Dalam sepak bola itu kalah menang biasa. Semua tentu ingin yang terbaik, tidak mungkin maunya kalah. Terus berjuang, kalian jangan kenal lelah. Jangan kalian down karena tidak berhasil dan media sosial menghajar kalian biarkan saja," kata Iwan Bule kepada para pemain.

"Orang tidak ada yang tahu bagaimana kita mempersiapkan ini, seperti bagaimana saya mempersiapkan kalian berangkat senyaman mungkin dan istirahat seenak mungkin. Mungkin besok kita evaluasi keseluruhan terkait hasil di Piala AFF," sambungnya.

Pada kesempatan itu Iwan Bule pun menyinggung soal masa depannya di PSSI. Di hadapan para pemain, dirinya mengaku belum tahu bakal maju lagi atau tidak dalam KLB yang akan berlangsung pada 16 Februari mendatang.

“Terakhir, dalam kongres nanti saya bisa maju atau bisa juga tidak untuk menjadi Ketua Umum PSSI. Jika saya tidak maju, kalian tetap anak saya," ucap Iwan Bule.

"Saya tetap cinta dengan sepak bola Indonesia dan akan mendoakan kalian meskipun nanti saya sudah di luar nantinya. Sekali lagi, maju terus untuk Timnas Indonesia, Insya Allah nanti kalian akan berikan yang terbaik untuk Indonesia. Coach Indra Sjafri, tolong jaga mereka. Siapa pun ketua umumnya, pasti yang terbaik," terang Iwan Bule.

Mochamad Iriawan
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat melepas para pemain Timnas Indonesia. (PSSI)

Fachruddin Aryanto selaku kapten Timnas Indonesia, meminta maaf kepada Ketua Umum PSSI Iwan Bule. Dia seperti merasa paling bersalah karena gagal memberikan gelar juara padahal tim sudah disediakan fasilitas yang sangat istimewa.

"Pertama, saya mau minta maaf apa yang telah dicapai memang tidak sesuai target, tapi menurut saya semua para pemain sudah 100 persen berusaha maksimal, namun memang hasil belum berpihak kepada kami," ucap Fachruddin.

"Kedua, saya mau ucapkan terima kasih bahwa bapak yang sudah berikan semuanya kepada kami, kepada Timnas ini. Mulai dari fasilitasi apa pun, semua yang terbaik. Cuma ya itu tadi, kami belum bisa berikan hasil yang terbaik. Kami mendoakan apa pun keputusan bapak nanti, mudah-mudahan yang terbaik. Sukses untuk kita semua dan sehat selalu," tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Nova Arianto. Menurutnya, apa yang diberikan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan terhadap persepak bolaan nasional, khususnya Timnas Indonesia adalah yang terbaik.

"Apa yang sudah bapak berikan selama ini, mulai dari pesawat carter, masalah hotel sampai semuanya, menurut saya ini salah satu yang terbaik mulai dari awal saya menjadi pemain tim nasional. Ini yang terbaik, tapi saya sekali lagi minta maaf belum bisa memberikan hasil yang terbaik," ungkapnya.

"Dan saya bicara, level sepak bola pemain timnas saat ini sudah lebih baik dari yang dahulu. Ini tinggal masalah prestasi, kalau progres permainan sudah meningkat," pungkasnya.

Mochamad Iriawan Pssi Breaking News Timnas Indonesia
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

15.010

Bagikan