Ketum PSSI: Saya Tak Mau Korbankan Marwah Sepak Bola

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Senin, 31 Oktober 2022
Ketum PSSI: Saya Tak Mau Korbankan Marwah Sepak Bola
Pelepasan Timnas Indonesia yang dilakukan Ketum PSSI Mochamad Iriawan. (PSSI)

BolaSkor.com - PSSI sudah memutuskan akan mempercepat Kongres Luar Biasa (KLB). Ini berdasarkan emergency meeting anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI sudah menggelar emergency meeting, Jumat (28/10).

KLB menjadi syarat dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF), agar Pemerintah Republik Indonesia memberikan izin bergulirnya kembali kompetisi.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, mengungkap opsi itu diambil demi kompetisi bisa bergulir lagi. Iriawan juga tak mau mengorbankan marwah sepak bola Indonesia.

"Mengapa keputusan KLB dipercepat? Karena saya tidak ingin mengorbankan marwah sepak bola Indonesia atau ekosistem yang sekarang sedang berhenti. Di dalam rekomendasi TGIPF juga dijelaskan bahwa pemerintah tidak akan mengizinkan kompetisi bergulir jika KLB belum diselenggarakan. Maka dari itu saya memutuskan untuk menggelar KLB," kata Iriawan dalam pernyataannya.

Baca Juga:

Ketum PSSI Tegaskan Tak Pernah Lari dari Tanggung Jawab

Ada Progres, Satgas Transformasi Sepak Bola Indonesia Akan Sampaikan Hasil ke Presiden

"Saya juga tidak ingin mengorbankan 120 ribu teman-teman saya yang hidupnya menggantungkan diri dari sepakbola, baik itu ofisial, wasit, pemain, kitman, pelatih, pelaku UMKM dan sebagaimana mereka hidup dari sepak bola. Maka dari itu KLB perlu dilangsungkan dan kami memohon agar pemangku kepentingan berkenan memberikan izin untuk bergulirnya kompetisi Liga 1, Liga 2, dan Liga 3."

"Berikutnya, meskipun hanya dua voters (Persebaya Surabaya dan Persis Solo) yang mengajukan KLB yang mana belum memenuhi syarat, tapi saya memutuskan tetap menjalankan KLB. Hal ini guna menghindari perpecahan di tubuh sepak bola Indonesia, apalagi sampai ada konflik fisik, saya tidak mau," tambahnya.

Meski begitu, kompetisi sepak bola Indonesia tetap belum akan bisa digulirkan dalam waktu dekat. Sebab, PSSI masih harus membentuk Tim Komite Pemilihan dan Komite Banding Pemilihan. Minimal 3 bulan proses menuju KLB.

"Insya Allah dengan adanya pengumuman KLB, tensi akan menurun dan menjadi lebih baik. Semoga dengan keputusan ini Liga dapat segera berputar kembali dengan aman dan menjunjung tinggi keselamatan serta sportivitas," tutur eks Kapolda Metro Jaya itu.

"Juga demi persiapan Timnas agar dapat terus berlanjut. Serta penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 tidak terganggu. Untuk sepak bola Indonesia lebih maju. Salam Olahraga," tambahnya.

Pssi Mochamad Iriawan Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.859

Bagikan