BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, kembali memberikan kode bahwa Piala Asia U-19 2020 ditunda. Ia mengatakannya saat pelepasan pemain Timnas Indonesia U-19/U-20 yang akan menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia.

Sebelumnya, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengirimkan surat kepada Federasi Sepak Bola Uzbekistan dan Bahrain, yang menyatakan kemungkinan akan menunda Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 2020. Penundaan ini dilakukan karena pandemi Virus Corona (COVID-19) yang belum mereda.

Piala Asia U-16 akan berlangsung di Bahrain pada November 2020 mendatang. Sedangkan Piala Asia U-19 2020 digelar di Uzbekistan pada Oktober 2020 mendatang.

Meski begitu, AFC akan mengumumkan secara resmi jadi atau tidaknya penundaan ini pada 8 September 2020 mendatang. Sebelumnya, PSSI sudah menerima surat dari AFC bahwa Piala Asia U-16 dan Piala Asia U-19 bakal ditunda.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, bahkan menyebut Piala Asia U-19 sudah dipastikan batal. Hanya tinggal menunggu pengumuman resmi saja dari AFC.

"Negara memberikan kesempatan bagi siapa saja yang bersedia membela Garuda (Timnas Indonesia), dan mengharumkan Merah-Putih di tingkat dunia. Salah satunya kalian yang akan berangkat sekarang dari Tanah Air Indonesia ke Kroasia. Tunjukkan kalian semua bisa bersaing dengan siapa saja," tegas Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, pada acara pelepasan Timnas Indonesia U-19 di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu (29/8).

"Siap merebut kemenangan untuk kebanggaan Indonesia di posisi masing-masing. Siap mengharumkan Garuda. Kemarin (Manajer pelatih Timnas Indonesia) Shin Tae-yong sampaikan akan melibas Piala Asia U-19, tapi sayang tidak jadi. Semoga nanti di Piala Dunia U-20 2021 kita bisa berikan yg terbaik buat Indonesia," tambahnya.

Baca Juga:

Pesan Ketum PSSI untuk Timnas Indonesia U-19 saat Jalani TC ke Kroasia, Jangan Pikirkan Isu Naturalisasi

Dua Pemain Dicoret karena Telat Latihan, TC Timnas Indonesia U-19 ke Kroasia Diikuti 28 Penggawa

Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Kroasia pada Sabtu (29/8) malam WIB. 28 pemain diboyong dalam TC kali ini, karena dua pemain dicoret akibat indisipliner, yakni Serdi Hepipano (Bhayangkara FC) dan Ahmad Afhridzal (Vamos Indonesia).

Skuat Garuda Muda akan berada satu bulan di sana. TC ini sebagai persiapan menyambut Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Timnas Indonesia U-19 dijadwalkan mengikuti turnamen melawan Kroasia, Bulgaria, Arab Saudi, dan Qatar.

Selanjutnya, Timnas Indonesia U-19 berangkat ke Uzbekistan menghadapi Piala Asia U-19 2020 pada Oktober mendatang. Namun, jika Piala Asia U-19 ditunda, Timnas Indonesia U-19 akan melanjutkan TC ke Portugal, Spanyol, atau Turki.

Reporter: Hadi Febriansyah