BolaSkor.com - Ketua Umum (Ketum) PSSI, Mochamad Iriawan, memberikan keterangan resmi soal perkembangan naturalisasi pemain keturunan Indonesia Shayne Pattynama. Iriawan mengungkapkan, pemain berposisi bek kiri itu akan disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa (24/1) mendatang.

Alhamdulilah di hari Jumat yang berkah ini saya mendapatkan informasi dari bung @hamdan.hamedan (Hamdan Hamedan, Utusan PSSI) bahwa proses naturalisasi @s.pattynama (Shayne Pattynama) telah mencapai langkah terakhir. Insya Allah Shayne akan mengucapkan sumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada Selasa, 24 Januari 2023,” ungkap Iriawan.

“Saat ini kedatangan Shayne sedang dijadwalkan oleh bung Hamdan dan tim PSSI timing-nya pas antara waktu kehadiran dengan jadwal yang diberlakukan oleh Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta sekaligus pembuatan Kartu Tanda Penduduk.”

Baca Juga:

Update KP PSSI: Berkas 5 Balon Ketum PSSI Lengkap

Erick Thohir dan Zainudin Amali Bisa Antar Sepak Bola Indonesia Lebih Modern

Iriawan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu proses naturalisasi pemain klub Liga Norwegia, Viking FK tersebut. Khususnya kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi)

“Terima kasih sebesar-besarnya kepada bapak Presiden @Jokowi yang telah menandatangani Keppres naturalisasi Shayne. Juga kepada empat kementerian, yakni Kemenpora, Kemenkumham, Kemensetneg, dan Kemendagri juga pihak terkait lainnya yang telah mengawal perjuangan Shayne untuk mewujudkan cita-citanya membela Timnas Indonesia,” ungkapnya.

“Semoga proses pengucapan sumpah nanti bisa berjalan lancar. Tentu saja saya dan masyarakat sepak bola Indonesia berharap bisa menyaksikan Shayne berseragam merah-putih dan berjuang bersama pemain lainnya untuk membawa Indonesia berprestasi di kancah inernasional. Amin,” tambahya.

Jika Shayne Pattynama sudah disumpah, pemain berumur 24 tahun itu melengkapi deretan pemain naturalisasi yang diinginkan Shin Tae-yong untuk Timnas Indonesia Senior.

Sebelumnya, ada nama Jordi Amat dan Sandy Walsh yang lebih dahulu menjadi WNI. Bahkan, keduanya sudah berganti perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI), agar bisa bermain untuk Timnas Indonesia.

Spesialnya, Jordi Amat sudah membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Adapun Sandy Walsh tak dilepas klubnya, KV Mechelen ke Timnas Indonesia saat Piala AFF 2022.