BolaSkor.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bergerak cepat untuk bisa menugaskan wasit tambahan di Liga 1 2021/2022. Totalnya mencapai dua orang.

Wasit tambahan itu akan ditugaskan untuk berada di masing-masing garis gawang. Tujuannya untuk membantu tugas wasit utama apabila ragu mengeluarkan keputusan mengenai bola yang telah melewati garis gawang atau belum.

Pasalnya, sejauh ini cukup banyak peserta yang merasa dirugikan dengan sang pengadil lapangan. Contohnya seperti yang terjadi di laga Persebaya Surabaya melawan Persela Lamongan dan Persib Bandung melawan Persija Jakarta.

Di laga tersebut, wasit tidak mensahkan gol Persebaya dan Persib meski dalam tayangan ulang bola tersebut sudah melewati garis gawang.

"Kita akan kumpulkan dalam waktu dekat karena ada alat yang harus kita beli. Di mana, apa pun yang terjadi masuknya bola ke gawang bisa langsung connect kepada wasit tengah," ujar Mochamad Iriawan di Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Kamis (25/11).

Baca Juga:

PSM Juara EPA Liga 1 U-16, Bali United Kampiun di Level U-18

Komdis Rilis 31 Putusan, Todd Ferre hingga Hugo Samir Dihukum 12 Bulan

Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini pun mengaku sudah menentukan untuk bisa menggunakan wasit tambahan termasuk alat canggihnya tersebut. Rencananya akan mulai digunakan di seri keempat yang akan digelar di Bali.

"Kita juga akan datangkan wasit profesional dari Korea dan Jepang," bebernya.

Iwan Bule memahami dengan beberapa keputusan kontroversial yang dilakukan wasit selama ini. Kemungkinan besar karena masih demam panggung lantaran ketiadaan kompetisi akibat pandemi COVID-19 pada 2020 lalu.

"Kita tidak berkompetisi lebih dari 500 hari, lama sekali. Jadi wasit pun ada demam panggung, pemain pun demikian. Tapi sampai saat ini kita anggap human error," ujarnya.

"Dihukum pasti dihukum, tapi dalam aturan FIFA, wasit tidak dihukum beda dengan pemain yang bisa dihukum dua tahun atau tiga tahun. Nanti kita salah kalau mereka dihukum."

"Dan mereka juga malu kalau disebarluaskan, makanya kita belum lama ini kumpulkan wasit di Solo. Saya minta mereka berintegritas, jujur dalam memimpin Liga 1," tegasnya. (Laporan Kontributor Gigi Gaga/Bandung)