Kilas Balik, Ketika Lionel Messi Membuka Rekening Gol 15 Tahun Silam

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 01 Mei 2020
Kilas Balik, Ketika Lionel Messi Membuka Rekening Gol 15 Tahun Silam
Lionel Messi (fcbarcelona.com)

BolaSkor.com - Tepat 15 tahun lalu seorang pemain remaja berusia 17 tahun memperkenalkan diri kepada dunia dengan sebuah gol di Stadion Camp Nou. Selepas itu aliran golnya mengalir deras tak kunjung henti. Remaja tersebut adalah Lionel Messi.

Hari yang acap disebut May Day, terkait dengan hari Buruh Dunia, selalu dikenang sebagai awal kehidupan baru bagi Lionel Messi. Pada1 Mei 2005, segalanya mulai berubah bagi sang pemain muda.

Momen itu terjadi di Stadion Camp Nou dalam sebuah laga LaLiga menghadapi Albacete pada pekan ke-34. Messi yang mengenakkan nomor 30 masuk menggantikan Samuel Eto’o pada menit ke-87. Selang dua menit remaja berperawakan kecil itu langsung mengundang kagaum dengan melepaskan tembakan yang nyaris membobol gawang Albacete yang dikawal Raul Valbuena. Messi dengan cerdik melambungkan bola melewati Valbuena, sayang offside membatalkan gol tersebut.

Baca Juga:

Messidependencia yang Mengancam Masa Depan Barcelona

Barcelona dan Manchester City Berniat Tukaran Pemain

Pakar Transfer Italia Ungkap Peluang Barcelona Datangkan Lautaro Martinez

Gagal pada usaha pertama, Messi seperti tidak mau menyiakan waktu yang tersisa. Pada menit ke-91, menerima umpan matang dari sang mentor, Ronaldinho, Messi akhirnya mampu membobol gawang Valbuena. Uniknya, gol dibuatnya serupa dengan yang dianulir beberapa menit sebelumnya, dengan melambungkan bola melewati Valbuena.

“Itu merupakan gol yang sangat indah,” kata pelatih Barcelona saat itu, Frank Rijkaard. “Dia memperlihatkan kepada semua bahwa dia memiliki talenta.”

Menurut Rijkaard, gol ini juga memperlihatkan karakter Messi yang tidak mudah menyerah setelah upaya golnya yang pertama dianulir wasit. “Situasi itu menjadi lebih sulit tapi dia tetap tenang dan dia kemudian mencetak gol yang sangat bagus,” kata Rijkaard.

Semua suporter Barcelona mengingat gol tersebut. Bahkan Ronaldinho selalu semangat mengisahkan gol tersebut. Karena dia merasa menjadi bagian dari sejarah. “Gol pertama Messi umpan dari saya.”

Ini merupakan gol pertama Lionel Messi bersama Barcelona. Selang 15 tahun kemudian, Messi sudah mengoleksi 627 gol, meraih enam Ballon d'Or, dan menjelma menjadi megabintang dunia. Messi mencetak total 627 gol untuk Barcelona dari 718 pertandingan atau rata-rata 0,87 gol per pertandingan, 438 gol di antaranya di ajang LaLiga dan 114 gol di Liga Champions.

Messi identik dengan kualitas. Sepanjang 15 tahun setelah gol pertamanya, Messi mencatat banyak rekor. Bahkan dia masih mendekati beberapa rekor spektakuler. Pada 2020 ini, Messi meraih lebih dari 500 kemenangan bersama klub.

Dia juga menjadi pemain Barca yang paling banyak memainkan Clasico. Messi merupakan pemain yang tinggal 16 gol lagi untuk menyamai Pele sebagai pencetak gol terbanyak dalam sejarah untuk satu tim.

Tidak lupa juga, Messi juga hanya perlu mencetak 69 gol untuk menggandakan jumlah yang dicetak oleh pencetak gol terbanyak kedua sepanjang masa Barca, Cesar Rodriguez (232).

May Day, ketika Messi membuka rekening gol.

Lionel Messi Barcelona
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

5.970

Bagikan