Kilas Balik MotoGP: 5 Peristiwa Besar Sepanjang Musim 2022

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Jumat, 30 Desember 2022
Kilas Balik MotoGP: 5 Peristiwa Besar Sepanjang Musim 2022
Fabio Quartararo (twitter/YamahaMotoGP)


BolaSkor.com – Harus diakui, banyak peristiwa besar yang terjadi pada MotoGP 2022. Tidak jarang beberapa Dairi kejadian tersebut mampu membuat publik terkejut.


Sebut saja satu diantaranya adalah kegagalan Fabio Quartararo merebut trofi juara dunia. Pembalap Monster Energy Yamaha itu harus menelan pil pahit gagal mempertahankan gelarnya.

Padahal rider berjuluk El Diablo itu mampu tampil impresif di awal musim ini. Bagaimana tidak, sepanjang paruh pertama, Quartararo mampu memimpin klasemen sementara. Tidak heran publik memerkirakan pembalap asal Perancis itu mampu mengulang kesuksesannya kembali.

Sayangnya kondisi ini tidak bertahan lama. Perlahan performa Quartararo menurun hingga akhirnya terdepak dari kursi kepemimpinan di klasemen akhir.

Selain peristiwa tersebut, ada beberapa kejadian tidak terduga lainnya yang turut menghiasi persaingan musim ini. Berikut lima kejadian besar yang berhasil di rangkum oleh BolaSkor.com:


Kesuksesan Ducati Mengoleksi Banyak Gelar

Musim 2022 menjadi tahun terbaik bagi Ducati. Tercatat tim asal Borgo Panigale ini sukses menyabet banyak gelar sekaligus.
Setidaknya di musim ini, Ducati mampu membawa pulang lima gelar bergengsi. Diantaranya, gelar juara dunia, gelar juara dunia tim, gelar konstruksi, tim independen terbaik, dan rookie of the year.

Ducati mampu mengunci gelar juara dunia usai Francesco Bagnaia menempati posisi kesembilan di MotoGP Valencia. Sementara gelar juara dunia tim dan juara konstruksi secara beruntun di raih usia menjalani MotoGP Malaysia dan MotoGP Aragon.

Adapun gelar tim independen terbaik berhasil diraih oleh Gresini Racing. Pencapaian ini diraih setelah Enea Bastianini berhasil menampilkan performa impresif. Sedangkan rookie of the year jatuh ke tangan Marco Bezzecchi dari tim Mooney VR46.

Keberhasilan Aprilia Naik Level

Aprilia berhasil membuktikan levelnya di musim ini. Pabrikan asal Noale, Italia itu mampu menebar ancaman kepada kompetitornya.

Terbukti dengan keberhasilan Aleix Espargaro memimpin klasemen sementara usai MotoGP Argentina. Sayangnya Espargaro gagal menjaga konsistensinya. Perlahan dia mulai terdepak ke posisi ketiga.

Memasuki paruh kedua, nasib Espargaro semakin terpuruk. Akibat human error dan menurunnya performa Aprilia RS-GP, Espargaro harus puas menempati posisi keempat di klasemen akhir.


Hengkangnya Suzuki dari MotoGP

Suzuki membuat keputusan mengejutkan pada awal Mei lalu. Pabrikan yang bermarkas di Hamamatsu, Jepang ini mengumumkan keluar dari MotoGP di akhir musim ini.

Keputusan ini sempat mendapat penolakan dari Dorna Sport. Pasalnya Suzuki sudah menekan kontrak hingga musim 2026. Sayangnya hal tersebut tidak dapat menghalangi niat Suzuki.

Akibat hal itu, Dorna Sport harus memutar otak untuk mencari penggantinya. Namun hingga seri terakhir, Dorna Sport belum bisa menemukannya. Alhasil mereka memutuskan untuk memangkas jumlah pembalap di musim 2023 nanti.


Mukjizat Marquez

Marc Marquez kembali menciptakan mukjizat di musim ini. Di tengah kondisi fisiknya yang belum pulih 100%, pembalap berjuluk The Baby Alien itu mampu merebut podium.
Pencapaian ini diraih pada MotoGP Australia.

Secara mengejutkan rider Repsol Honda itu mampu bersaing ketat hingga akhirnya finish di posisi kedua.

Keberhasilan ini sekaligus menambah panjang daftar rekor yang dicetak Marquez. Tercatat ini menjadi podium ke-100 Marquez sepanjang karirnya di kelas premier.


MotoGP Kembali ke Indonesia

MotoGP 2022 menjadi tahun bersejarah bagi Indonesia. Setelah absen selama 25 tahun, akhirnya ajang balap motor kasta tertinggi ini dapat hadir kembali di Tanah Air.

Tercatat sebelumnya Indonesia pernah menjadi tuan rumah MotoGP pada tahun 1996-1997. Saat itu penyelenggaraan MotoGP digelar di Sirkuit Sentul dengan format lama, yakni 500cc, 250cc, dan 150cc.

Setelah menunggu lama, Indonesia akhirnya memiliki kesempatan kembali menyelenggarakan MotoGP. Dengan memakai Sirkuit Mandalika sebagai lintasannya, para rider disuguhkan sensasi balapan layaknya Philip Island (dekat laut).

Kesuksesan penyeenggaraan ini membuat Dorna Sport kembali memberikan kepercayaan kepada Indonesia. Dijadwalkan Mandalika akan kembali menggelar MotoGP pada tanggal 13-15 Oktober 2023.

Penulis: Bintang Rahmat


.

Motogp
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.253

Bagikan