BolaSkor.com - Kim Bong-soo dan Dzenan Radoncic dikabarkan bakal menjadi asisten pelatih Timnas Indonesia untuk mendampingi manajer pelatih Shin Tae-yong. Kabar ini berhembus dari akun media Instagram @Kleague_Indonesiafans.

BolaSkor.com langsung berdiskusi dengan admin @Kleague_Indonesiafans. Kabar merapatnya Kim Bong-soo didapatnya dari Journalist Sepak Bola Korea Selatan, Seo Heo-jung (Footbatlist).

Tak hanya itu, kabar merapatnya Kim Bong-soo juga didapat dari salah satu staf K League yang mengurus pendataan licence coach. Status Kim Bong-soo sudah free club.

Sedangkan untuk Radoncic, dirinya sendiri yang mengabarkan bakal merapat sebagai asisten Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Kabarnya, Radoncic sedang mengurus visa ke Indonesia.

Baca Juga:

Nova Arianto Berterima Kasih atas Ilmu dari Tiga Asisten Shin Tae-yong

Tiga Asisten Pelatih Timnas Indonesia Asal Korsel Resmi Mundur

Dzenan Radoncic
Dzenan Radoncic. (Istimewa)

Mengenal Kim Bong-soo dan Dzenan Radoncic

Kim Bong-soo bukan nama asing di sepak bola Korea Selatan. Pria berusia 50 tahun tersebut pernah jadi pelatih kiper timnas Korea Selatan U-23 (2010-2012), timas Korea Selatan Senior (2013-2015), dan Suwon Samsung Bluewings (2019-2020). Sudah pasti Kim Bong-soo bakal mengisi pos pelatih kiper Timnas Indonesia pengganti Kim Hae-woon.

Sementara itu, Radoncic merupakan legenda K League yang berkarier selama tiga tahun. Ia menjadi pemain Seongnam Ilhwa Chunma (2009-2011). Kebetulan saat itu, Shin Tae-yong jadi pelatihnya.

Saat masih menjadi pemain, Radoncic juga pernah membela Incheon United (2004-2008) dan Suwon Bluewings (2012-2013). Ia resmi pensiun di klub kampung halamannya, Mornar Bar pada tahun 2015.

Bersama Shin Tae-yong di Seongnam, Radoncic meraih gelar juara Liga Champions Asia 2010 dan Piala FA Korea 2011. Kemungkinan Radoncic bakal menjadi pengganti Kim Woo-jae sebagai pelatih teknik Timnas Indonesia.

Mundurnya Tiga Asisten Shin Tae-yong

Sebelumnya, PSSI mengonfirmasi tiga asisten pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan (Korsel), Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae resmi mengundurkan diri. Alasan ketiganya mundur karena alasan personal.

Ketiganya sudah mengirimkan surat pengunduran diri kepada PSSI pada akhir pekan lalu. Selama mendampingi Shin Tae-yong, Kim Hae-woon bertugas sebagai pelatih kiper. Kim Woo-jae sebagai pelatih Teknik, dan Lee Jae-hong sebagai pelatih fisik.

Timnas Indonesia
Timnas Indonesia. (PSSI)

Menanti Pemusatan Latihan Timnas Indonesia

Saat ini, Timnas Indonesia tengah menanti Shin Tae-yong, yang baru saja mendapat vaksinasi COVID-19 dosis kedua. Skuat Garuda juga menanti pemusatan latihan di tengah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3-4 Jawa-Bali sampai tanggal berapa. PPKM baru diperpanjang sampai 16 Agustus 2021.

Skuat Garuda akan menggelar TC untuk play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Taiwan. Laga melawan Taiwan dilakukan dalam sistem kandang-tandang, 7 September di Indonesia dan tandang pada 12 Oktober 2021.