BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) resmi meminang eks Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA), Kim Pan-gon menjadi pelatih timnas Malaysia. Kim Pan-gon dikontrak selama dua tahun dengan opsi perpanjangan. Ia akan membawa 4 asisten ke Harimau Malaya.

Kim Pan-gon menungkapkan alasannya menerima pinangan FAM. Apalagi, ia rela menanggalkan jabatan strategisnya di KFA sebagai Ketua Komite Penguatan dan Komite Pemilihan Pelatih timnas Korea Selatan (Korsel).

"Saya pikir saya telah memenuhi impian kecil saya sebagai Ketua Komite. Saya rasa sudah waktunya untuk kembali ke lapangan dan melayani sebagai pelatih," kata Kim Pan-gon seperti dikutip Dong-A Ilbo.

Baca Juga:

Kim Pan-gon Pernah Tak Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Korsel

Malaysia Dilatih Kim Pan-gon, FAM Bantah Ikuti Jejak Vietnam dan Indonesia

"Saya telah memahami potensi pengembangan Malaysia dan visi mereka. Saya memutuskan untuk pindah ke Malaysia untuk menghadapi tantangan baru," tambah pelatih berusia 53 tahun itu.

Kim Pan-gon baru akan terbang ke Malaysia pada Februari mendatang. Ia harus menyelesaikan tugasnya saat Korea Selatan menghadapi Lebanon (27/1) dan Suriah (1/2) dalam sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kehadiran Kim Pan-gon membuat 'demam K-Pop' di Asia Tenggara. Sebelumnya, dua pelatih asal Korea Selatan lebih dahulu menjadi pelatih tim nasional di Asia Tenggara.

Pertama adalah Park Hang-seo yang berhasil membawa kejayaan bagi timnas Vietnam. Kedua tentu saja Shin Tae-yong yang sedang berproses bersama Timnas Indonesia.