BolaSkor.com - Beberapa waktu lalu, Donny van de Beek disarankan untuk segera meninggalkan Manchester United. Sekarang saran yang bertolak belakang diberikan kepadanya.

Donny van de Beek nyaris tidak tampil sebagai starter di bawah Ole Gunnar Solskjaer sejak didatangkan musim panas lalu. Banyak pertanyaan muncul, salah satunya tidak menggunakan pemain yang didatangkan dengan mahar 40 juta poundsterling.

Pemain Belanda itu baru dua kali bermain dari menit awal di Premier League. Gelandang 24 tahun itu lebih sering dimainkan di kompetisi lain, dengan total 12 penampilan sebagai starter di semua kompetisi dan 32 penampilan secara keseluruhan.

Baca Juga:

Donny van de Beek Buat Kesalahan Gabung Manchester United

Analisis - Fluensi Permainan MU Bersama Donny van de Beek

Bukan Pajangan, Van de Beek Bikin Manchester United Lebih Bagus

Solskjaer berulang kali menegaskan Van de Beek mempunyai masa depan di skuadnya. Meski demikian spekulasi mengenai masa depan sang pemain terap tidak jelas.

Tidak sedikit yang menyarankan Van de Beek untuk hengkang dari MU. Beberapa waktu lalu, pelatih tim nasional Belanda Ronald de Boer memberi saran kepada dia untuk meninggalkan Setan Merah jika tidak ingin kehilangan kesempatan memperkuat Tim Oranye.

Namun belakangan, seiring dengan pencapaian United, Van de Beek justru diminta untuk bertahan. Seperti yang disarankan direktur sepak bola Ajax, Marc Overmars.

"Saya pikir Donny harus berjuang, bertahan tahun depan dan mencoba mendapatkan posisi di tim utama," kata eks Arsenal itu dikutip Mirror.

Van de Beek terakhir tampil sebagai starter saat Manchester United kalah di perempat final Piala FA melawan Leicester bulan lalu. Persaingan ketat dengan Paul Pogba, Scott McTominay, dan Fred, membuat posisi Van de Beek terpinggir.

Kepala Eksekutif Ajax sekaligus mantan kiper Manchester United, Edwin van der Sar, melihat apa yang terjadi pada Van de Beek karena Solskjaer mempunyai banyak pilihan pemain, sehingga pemain Belanda itu kurang mendapatkan waktu bermain.

"Tentu saja saya sedih untuk Donny," kata Van der Sae kepada Good Morning Eredivisie dari ESPN. "Dia berjalan di jalur yang sempurna sebelum bergabung dengan United."

"Tapi lini tengah Manchester United terlalu bertumpuk, mereka tidak mengalami cedera. Itu sulit baginya."

Solskjaer telah mengisyaratkan akan ada lebih banyak lagi kesematan bermain untuk Van de Beek nantinya.

"Dia banyak mengingatkan saya tentang diri saya sendiri, ketika saya pertama kali bergabung, bahwa dia memahami kesulitan dan tantangan saya," kata Solskjaer awal tahun ini.

"Saya sama dengan Sir Alex (Ferguson, mantan pelatih kepala Manchester United). Ketika dia meninggalkan saya, saya mengerti dan saya senang tim bisa menang dan Donny adalah tipe pria seperti itu," kata Solskjaer. "Da tahu dia penting bagi kami dan tahu dia akan memainkan banyak pertandingan."

Mancheter United saat ini berada di urutan kedua klasemen Liga Inggris dengan 67 poin dari 33 laga yang sudah dijalani. Mereka selisih 13 poin dari Manchester City yang menempati posisi puncak. Kini Setan Merah berusaha finis di posisi empat besar untuk mengamankan tike ke Liga Champions musim depan. (sav)