Kini IBL Punya Aturan untuk Pemain Naturalisasi

Budi Prasetyo HarsonoBudi Prasetyo Harsono - Sabtu, 28 November 2020
Kini IBL Punya Aturan untuk Pemain Naturalisasi
Junas Miradiarsyah. (IBL)

BolaSkor.com - Direktur Utama (Dirut) IBL, Junas Miradiarsyah, mengungkapkan aturan baru menjelang musim 2021. Menurut Junas, kini ada aturan untuk pemain naturalisasi.

Pada edisi sebelumnya, pemain naturalisasi di IBL dihitung sebagai pemain asing. Namun, kini terdapat aturan baru untuk pebasket yang mengubah kewarganegaraan menjadi Indonesia.

Kini terdapat tiga kategori pemain di IBL. Sebelumnya hanya ada pemain lokal serta pemain asing, kini terdapat kategori pemain lokal naturalisasi.

Baca Juga:

Bali United dan Petualangan Baru Surliyadin

Keunggulan Brandon Jawato dan Lester Prosper di Mata Abraham Damar Grahita

Menariknya terdapat aturan pemain harus berkewarganegaraan Indonesia minimal 365 hari. Dengan adanya aturan tanpa pemain asing untuk IBL 2021, tentu pemain naturalisasi menjadi rebutan.

"Untuk IBL 2021 kami tidak akan menggunakan pemain asing. Kami sudah menginformasikan juga ke agen pemain. Klub-klub peserta sudah sepakat dengan keputusan ini," ujar Junas pada konferensi pers.

"Untuk peraturan pelaksanaan pertandingan kami melakukan penyempurnaan pemain naturalisasi. Mereka kepentingannya untuk Timnas Basket Indonesia, bukan di liga."

"Akan tetapi mereka masih punya kesempatan bermain di liga. Nanti kalau tim memiliki pemain naturalisasi, mereka hanya punya satu jatah pemain asing. Jadi pemain naturalisasi dan asing," lanjutnya.

Dengan perubahan status pemain naturalisasi di IBL, maka musim 2021 klub bisa menggunakan jasa mereka. Menariknya, pemain naturalisasi bisa melakukan negosiasi dengan klub seperti pebasket lokal.

Breaking News IBL Basket
Ditulis Oleh

Budi Prasetyo Harsono

Falling in love with the beauty of football because of Alessandro Del Piero and Paolo Maldini. Part time musician, full time journalist.
Posts

5.618

Bagikan