Kiper Belanda Akui Kesempurnaan Penalti Lionel Messi

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Sabtu, 10 Desember 2022
Kiper Belanda Akui Kesempurnaan Penalti Lionel Messi
Lionel Messi dua kali menaklukkan Andries Noppert dari titik penalti. (Twitter)

BolaSkor.com - Lionel Messi menunjukkan kekuatan mentalnya saat dua kali mengeksekusi penalti saat Argentina mengalahkan Belanda pada perempat final Piala Dunia 2022. Kehebatannya bahkan diakui langsung oleh sang lawan.

Dalam laga yang berlangsung di Lusail Stadium, Sabtu (10/12) dini hari WIB, Argentina mengalahkan Belanda lewat drama adu penalti. Kedua tim sebelumnya bermain imbang 2-2 hingga babak perpanjangan waktu berakhir.

Messi tampil memukau dalam pertandingan ini. Ia membukukan satu assist dan satu gol Argentina.

Baca Juga:

Belanda 2-2 Argentina (3-4 Pen): Albiceleste Tantang Kroasia di Semifinal

Piala Dunia 2022: Kepemimpinan Antonio Mateu Lahoz Ramai-ramai Dikecam Argentina

8 Fakta Menarik Argentina ke Semifinal Usai Singkirkan Belanda Lewat Adu Penalti

Selain itu, Messi juga menjawab beban sebagai eksekutor pertama Argentina di babak adu penalti dengan sempurna. Ia dengan tenang sukses mengecoh kiper Belanda, Andries Noppert.

Dua kali mengeksekusi penalti dalam satu pertandingan memang bisa dilakukan oleh semua pesepak bola. Namun butuh kekuatan mental untuk melakukannya usai gagal dalam kesempatan sebelumnya.

Kondisi itu nyatanya dialami Messi. Ia memang sempat gagal mengeksekusi penalti saat Argentina bertemu Polandia di fase grup

Kiper Polandia, Wojciech Szczesny mengaku telah mempelajari secara detail kebiasaan Messi dalam mengeksekusi penalti. Hal itu menjadi rahasia kesuksesannya.

"Saya tahu bahwa jika Messi akan menembak dengan keras, itu lebih sering diarahkan ke kiri saya. Saya melihat dia tidak berhenti (menunggu pergerakan kiper), jadi saya terbang dan menahannya," kata Szczesny.

Sebelum laga perempat final digelar, Andries Noppert selaku kiper utama Belanda juga telah mempelajari penalti Messi. Ia yakin mampu melakukan hal yang sama seperti Szczesny.

Momen yang ditunggu-tunggu itu pun tiba saat wasit memberikan hadiah penalti kepada Argentina pada menit ke-73. Saat itu Tim Tango telah unggul 1-0.

Messi dengan tenang mampu menaklukkan Noppert. Tembakannya ke arah kanan hanya membuat sang kiper terpaku.

Noppert mengakui eksekusi penalti Messi itu sangat sempurna. Teknik yang dilakukan juga berbeda seperti analisis yang diungkapkan Szczesny.

“Penalti Messi hari ini terlalu sulit untuk diselamatkan karena dia menunggu begitu lama sampai dia menembak ke pojok. Kemudian Anda hanya berdiri dengan kedua kaki Anda sementara dia meletakkan bola ke pojok," kata Noppert usai laga dilansir dari NOS.

"Itu baru kualitas. Angkat topi untuknya."

Sementara pada babak adu penalti, Messi kembali melakukan kebiasaan seperti yang dikatakan Szczesny. Ia menunggu pergerakan kiper sebelum menembak ke arah sebaliknya.

Hal ini tentu menjadi peringatan kepada para kiper calon lawan Argentina di babak selanjutnya. Messi punya banyak teknik saat melakukan tendangan penalti.

Piala dunia 2022 Piala Dunia 2022 Qatar Timnas Belanda Timnas Argentina Lionel Messi Breaking News
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan