Kiprah 6 Pemain Asal Inggris yang Direkrut Jose Mourinho

Arief HadiArief Hadi - Jumat, 20 Agustus 2021
Kiprah 6 Pemain Asal Inggris yang Direkrut Jose Mourinho
Ashley Cole dan Jose Mourinho (Twitter)

BolaSkor.com - Musim debut Jose Mourinho melatih AS Roma diwarnai dengan kesibukan di bursa transfer musim panas. Il Giallorossi tidak hanya melepas pemain tapi juga merekrut pemain-pemain baru.

Edin Dzeko, Pedro, Bruno Peres, Juan Jesus, Cengiz Under, dan Pau Lopez merupakan nama-nama yang meninggalkan Stadio Olimpico. Sementara mereka yang datang ada Bryan Reynolds, Roger Ibanez, Rui Patricio, Matias Vina, Eldor Shomurodov, dan Tammy Abraham.

Nama yang disebut terakhir menambah deretan pemain-pemain asal Inggris yang bermain di Roma. Saat ini selain Abraham ada juga Chris Smalling, sementara di masa lalu ada mantan anak asuh Jose Mourinho, Ashley Cole.

Baca Juga:

Informasi Seputar UEFA Conference League, Turnamen yang Juga Diikuti Jose Mourinho

Tammy Abraham dan 5 Pemain Inggris yang Bermain di Serie A

Mentalitas Tammy Abraham Sudah Teruji kala Memutuskan Berkarier di Italia

Abraham datang untuk mengisi slot yang ditinggal Dzeko ke Inter Milan. Berbicara soal pemain Inggris, Mourinho dalam kariernya menangani banyak pemain asal Inggris, tapi ketika itu membahas merekrut pemain dari Inggris tidak semuanya sukses.

Berikut kiprah enam pemain dari Inggris yang pernah direkrut Mourinho ke dalam timnya sebelum Abraham:

1. Ashley Cole

Pemain tersukses dari Inggris yang pernah direkrut Mourinho. Ashley Cole diboyong Mourinho pada 2006 dari Arsenal menuju Chelsea. Selama sembilan tahun di Chelsea, mantan bek kiri terbaik timnas Inggris memenangi sembilan trofi termasuk Liga Champions dan Liga Europa.

Tak diragukan lagi Cole rekrutan terbaik Mourinho yang berasal dari Inggris. Di penghujung kariernya Cole juga pernah bermain untuk Roma pada medio 2014-2016.

2. Shaun Wright-Phillips

Shaun Wright-Phillips direkrut pada 2005 dari Manchester City ke Chelsea dengan mahar 21 juta poundsterling (cukup besar saat itu). Bertubuh mungil, Wright-Phillips memiliki kelincahan bergerak pada posisi penyerang sayap.

Sayang kariernya selama tiga tahun di Chelsea tak diwarnai performa konsisten meski memenangi Premier League dan Piala FA. Pada akhirnya Wright-Phillips memainkan 125 laga untuk Chelsea dan hanya mencetak 10 gol, uniknya ia dijual kembali ke City pada 2008.

Tiga tahun di City Wright-Phillips bergabung dengan QPR dan pada 2017 pensiun pasca bermain singkat dengan New York Red Bulls dan Phoenix Rising.

3. Steve Sidwell

Entah apa yang ada di benak pikiran Mourinho kala merekrut Steve Sidwell pada 2007 gratis dari Reading. Sidwell memang menjadi gelandang bagus box to box di Reading, tapi ketika pindah ke Chelsea level bermainnya terlihat.

Sidwell hanya diberi 25 kali kans tampil sebelum dijual ke Aston Villa pada 2008. Pasca bermain di Villa Sidwell bermain di Fulham, Stoke City, dan Brighton sebelum pensiun pada 2018.

4. Michael Hector

Pemain yang menjalani sebagian besar kariernya sebagai pemain pinjaman. Michael Hector satu-satunya pemain asal Inggris yang direkrut Mourinho di periode keduanya melatih Chelsea. Hector diboyong dari Reading pada 2015.

Setelahnya Hector menjalani masa pinjaman di Reading, Eintracht Frankfurt, Hull City, Sheffield Wednesday tanpa mampu menembus tim utama Chelsea. Hector (29 tahun) saat ini membela Fulham.

5. Lee Grant

Mourinho melatih Manchester United pada periode 2016-2018. Dalam waktu dua tahun itu Mourinho merekrut Lee Grant untuk jadi kiper ketiga United pada musim 2018-2019.

Dengan statusnya sebagai kiper ketiga wajar jika Grant jarang main karena kalah dari David De Gea dan Sergio Romero. Apalagi saat ini sudah ada Dean Henderson dan Tom Heaton sebagai pesaing De Gea.

6. Joe Hart

Pemain asal Inggris terakhir yang direkrut Mourinho sebelum Abraham. Joe Hart, dengan segudang pengalaman sebagai kiper, direkrut Tottenham Hotspur pada musim 2020-2021 dan ia hanya tampil delapan kali.

Laga-laga yang dimainkan Hart ada di Liga Europa serta dua laga Piala FA. Kini mantan kiper Manchester City bergabung dengan klub Skotlandia, Celtic.

Breaking News Jose Mourinho Roma AS Roma Trivia Sepak Bola Tammy Abraham
Ditulis Oleh

Arief Hadi

Posts

12.024

Bagikan