BolaSkor.com - Barcelona membuktikan diri mampu bersolek diri di tengah masalah pelik. Sempat dikabarkan menuju kebangkrutan, kini Barca justru mendatangkan sejumah pemain berlabel bintang.

Terpilihnya Joan Laporta sebagai presiden Barcelona adalah awal dari revolusi. Sebab, sebelumnya sudah terlalu banyak benang kusut yang ditinggalkan kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Mulai dari konflik dengan Lionel Messi hingga masalah keuangan.

Dari sekian banyak badai yang menerpa, masalah keuangan menjadi satu di antara yang paling keras. Bagaimana tidak, Barca memiliki utang dengan jumlah besar. Pengaturan keuangan yang tidak becus dikabarkan menjadi penyebabnya.

Joan Laporta pun harus memutar otak. Ia meyakini ada jalan keluar untuk membawa Barcelona kembali menjadi tim yang sehat secara finansial.

Beragam cara pun dilakukan. Mulai dari penundaan pembayaran gaji, pemotongan upah, hingga menyewakan Camp Nou. Selain itu, Barca juga mencari suntikan dana seperti dengan melego nama stadion.

Baca Juga:

Terungkap, PSG dan Chelsea Berusaha Bajak Transfer Robert Lewandowski

Lewandowski Datang, Barcelona Punya Peluang Besar Menangi LaLiga

Pengorbanan Robert Lewandowski demi Perkuat Barcelona

Akhirnya, kini keuangan Barcelona perlahan membaik. Meskipun, sulit untuk mengatakan jika sudah pulih 100 persen.

Pekerjaan rumah lainnya adalah Barcelona juga perlu memperbaiki kualitas tim. Kegagalan meraih gelar pada musim lalu menjadi pukulan untuk Xavi Hernandez anak asuhnya.

Satu di antara jalan yang ditempuh adalah dengan memboyong pemain baru. Menariknya, Barca sejauh ini berhasil mendatangkan empat pemain dengan level yang tidak main-main.

Pertama adalah dua pemain gratisan, Franck Kessie dan Andreas Christensen. Dengan dibantu modal nama besar, Barca membuat kedua pemain itu datang di tengah persaingan ketat dengan raksasa lainnya.

Berikutnya, Barcelona keluar uang untuk mendaratkan pemain incaran. Pemain sayap Leeds United, Raphinha, bergabung dengan mahar 58 juta euro.

Teranyar, Barcelona menggaet Robert Lewandowski setelah melalui negosiasi berliku. Harga penyerang Polandia itu adalah 45 juta euro.

Langkah Barca di jendela transfer membuat pelatih Bayern Munchen, Julian Nagelsmann, heran. Ia bingung kenapa Barcelona bisa mendapat amunisi tambahan di tengah kabar masalah keuangan. Apalagi, pemain yang datang bukanlah sembarangan.

"Mereka mendatangkan banyak pemain baru, tidak hanya Lewandowski. Jujur saja, saya tidak tahu. Mereka adalah satu-satunya klub di dunia yang membeli pemain tanpa uang. Itu aneh dan gila," ungkap Nagelsmann.

Bahkan, Barcelona dikabarkan belum akan berhenti memperkuat diri. Kali ini, Barcelona ingin memperbaiki sektor pertahanan.

Kabarnya, Barca sangat dekat mengontrak pemain bertahan Chelsea, Cesar Azpilicueta. Barcelona menawarkan kontrak hingga 2024 dengan opsi perpanjang satu tahun.

Sementara itu, untuk posisi bek tengah, Barcelona terdepan dalam perburuan Jules Kounde. Barcelona bersaing dengan Chelsea yang kembali menghidupkan minat pada pemain asal Prancis itu.

Kini, satu yang pasti, Barcelona berhasil menemukan cara untuk tetap menggaet pemain di tengah masalah keuangan. Barcelona ogah kalah dengan keadaan yang mengimpit.