BolaSkor.com - Menemukan masakan halal di Filipina sebetulnya bukan hal sulit. Namun, mencari yang sesuai dengan lidah Indonesia yang tidak mudah.

Hal tersebut yang menjadi latar belakang dibuatnya Dapur Umum Indonesia. Kehadiran posko ini membantu para atlet, ofisial, dan wartawan yang kesulitan mencari makanan selama SEA Games 2019.

Dapur Indonesia bertempat di Two Palm Tree Apartement, Manila, Filipina. Tempatnya memang sedikit jauh dari beberapa venue SEA Games 2019.

Baca Juga:

SEA Games 2019: Hebat, Dea Salsabila Sabet Emas Ketiga dari Modern Pentathlon

SEA Games 2019: Usai Raih Emas Modern Pentathlon, Dea Salsabila Bidik Olimpiade

SEA Games 2019
Masakan untuk para kontingen Indonesia. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

Namun, para kontingen Indonesia tidak perlu khawatir akan jarak. Dapur Indonesia menyediakan jasa antar ke tempat menginap masing-masing.

Meski bernama Dapur Indonesia, masakan yang disajikan tidak di masak langsung. Beberapa di antaranya sudah dibawa jadi dari Tanah Air.

"Jadi yang dimasak di sini itu Cuma nasi dan beberapa sayur. Sisanya kami bawa jadi dari Indonesia seperti rendang, dendeng, dan teri kacang," ujar Kepala Dapur Indonesia, Desi Arianti.

SEA Games 2019
Masakan untuk para kontingen Indonesia. (BolaSkor.com/Andhika Putra)

Selama beroperasi, Desi menyebut tak ada permintaan yang aneh dari kontingen ataupun jurnalis Indonesia. Biasanya, mereka hanya mencari sambal ke Dapur Indonesia.

"Karena lidah Indonesia itu mungkin terbiasa pedas yah, jadi kalau tidak ada sambal kurang puas mungkin," tutur Desy.

Dalam bekerja, Desy dibantu beberapa relawan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia. Satu di antaranya adalah Eva Calista yang sudah enam tahun berada di Manila.

SEA Games 2019
Presiden Jokowi bersama Ketua NOC Raja Sapta Oktohari dan Kontingen Indonesia. (Twitter Kemenpora)

Eva mengaku bangga bisa menjadi bagian dari Dapur Indonesia. Berkorban waktu di sela-sela waktu belajarnya di Filipina tidak masalah asal perut kontingen Indonesia bisa terpuaskan.

"Jadi selain saya itu ada beberapa juga yang jadi relawan selama SEA Games 2019. Kebetulan saya mendapat tugas di Dapur Indonesia," ujar Calista.

"Sebetulnya tidak repot sama sekali. Justru saya merasa senang bisa tutur menyukseskan SEA Games 2019," sambungnya.

Dapur Indonesia tidak hanya melayani kontingen Indonesia yang ada di Manila. Desi beserta timnya turut menyuplai makanan bagi mereka yang bertugas di Clark, Subic, dan Solu.

Laporan Langsung BolaSkor.com/Andhika Putra dari Filipina

Video Liputan Dapur Kontingen Indonesia Langsung dari Filipina: