BolaSkor.com - Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memutuskan untuk memecat pelatih timnas, Julen Lopetegui, sehari sebelum Piala Dunia 2018 digelar.

Keputusan mengejutkan ini tak lepas dari kabar yang tak kalah mengejutkan sebelumnya saat Real Madrid mengumumkan Lopetegui sebagai pelatih baru mereka.

Menurut jurnalis Spanyol, Guillem Balague, hari ini, Rabu (13/6) WIB, sejatinya Lopetegui akan melakukan konferensi pers di Krasnodar, lokasi markas Spanyol. Namun, setelah menunggu sekian lama, Lopetegui tak kunjung muncul.

Banyak orang, termasuk jurnalis di dalam dan luar ruang media menanyakan keberadaan sang pelatih. Di markas Spanyol, ketidakjelasan sangatlah terasa. Pada jurnalis sendiri sudah memegang banyak pertanyaan. Salah satunya adalah waktu yang dipilih Real Madrid untuk mengumumkan perekrutan Lopetegui.

Konferensi pers akhirnya mengalami penundaan sekitar satu jam. Penundaan terjadi karena presiden RFEF, Luis Rubiales, sedang melakukan pembicaraan dengan Lopetegui.

Tersiar kabar yang menyebut nasib Lopetegui sebagai pelatih timnas Spanyol tergantung dari pembicaraan terseburt yang juga dihadiri pelatih tim U-23 Spanyol, Albert Celades, dan direktur olahraga RFEF, Fernando Hierro.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan memanggil kapten tim, Sergio Ramos Andres Iniesta, David Silva, serta pemain senior, Gerard Pique, Sergio Busquets, Pepe Reina. Konferensi pers ditunda lebih lama. Para pemain disebutkan semula tak ingin terlibat. Namun, para pemain akhirnya meminta agar Lopetegui dipertahankan.

Sementara, pihak federasi sendiri dikabarkan sejatinya sudah memiliki keputusan, yaitu untuk memecat Lopetegui, beberapa saat setelah menerima kabar sang pelatih sudah menerima pinangan Real Madrid.

Real Madrid melakukan kontak dengan Lopetegui pada hari Jumat (8/6) lalu. Lopetegui sendiri menyerahkan semua urusan kepada agennya. Namun, pada hari Senin (11/6) Lopetegui sudah memberikan jawaban kepada Madrid.

Presiden Madrid, Florentino Perez, kemudian menghubungi Luis Rubiales beberapa menit sebelum Los Blancos mengeluarkan pengumuman pada hari Selasa (12/6).

Lopetegui sendiri memberitahu para pemainnya sebelum sesi latihan malam pada Selasa (12/6) kemarin.

Usai menerima kabar dari pihak Madrid, Federasi Sepak Bola Spanyol pun memutuskan memecat sang pelatih. Meski begitu Rubiales masih ingin bertemu dengan Lopetegui sebelum memecatnya.

Ya, sebenarnya Luis Rubiales ingin memecat Lopetegui sesaat setelah Florentino Perez menghubunginya. Pendirian Robiales sudah tak bisa diganggu meski para pemain memintanya untuk mempertahankan Lopetegui.