Kisah di Balik Penunjukan Francesco Totti sebagai Kapten Termuda AS Roma

Taufik HidayatTaufik Hidayat - Minggu, 03 Mei 2020
Kisah di Balik Penunjukan Francesco Totti sebagai Kapten Termuda AS Roma
Francesco Totti (Twitter)

BolaSkor.com - Francesco Totti pertama kali diberi tanggung jawab menjadi kapten AS Roma pada musim 1998-1999. Penunjukkan tersebut ternyata merupakan inisiatif kapten Giallorossi sebelumnya, Aldair.

Saat mengemban jabatan tersebut, Totti baru berusia 22 tahun. Hal itu membuatnya memecahkan rekor sebagai kapten termuda sepanjang sejarah klub.

Aldair tak sembarangan memberikan ban kapten kepada Totti. Saat itu bek berkebangsaan Brasil tersebut merupakan salah satu pemain senior karena sudah membela Roma sejak tahun 1990.

Baca Juga:

James Pallotta Paksa Francesco Totti Abaikan Cintanya kepada Roma

Totti dan Cannavaro Bicara Tentang Buffon yang Tak Kunjung Pensiun

Bintang Muda Roma Tolak Predikat Titisan Francesco Totti

"Saat itu para pemain melakukan voting untuk memilih kapten, tetapi mayoritas pemain memilih saya sebagai kapten. Namun saya pikir, (ban kapten) waktu itu akan sangat berarti bagi Totti," kata Aldair kepada ESPN Brasil.

Bermain dalam waktu lama di Roma membuat Aldair menyadari arti penting jabatan kapten tim yang diembannya. Ia sadar hal ini merupakan impian para pemain yang lahir di sana.

"Totti adalah pemain dengan talenta terbaik dan juga pendukung klub ini. Sangat penting baginya untuk menjadi kapten dan memimpin tim ini. Jadi saya menyerahkan ban kapten kepadanya," tambahnya.

"Saya membuat pilihan yang tepat. Totti adalah pemain yang tidak banyak bicara, seperti halnya saya. Kami hanya berbicara ketika dibutuhkan di ruang ganti."

Keputusan Aldair memang terbukti tepat. Totti menjelma menjadi seorang pemimpin yang disegani di Roma.

Bagi para suporter, Totti sudah dianggap menjadi simbol Roma. Ia benar-benar menunjukkan dedikasinya sebagai pemimpin dengan sepenuh hati.

Totti berkali-kali menolak godaan klub-klub top Eropa yang ingin meminangnya. Sementara di atas lapangan, Totti juga berhasil mempersembahkan gelar scudetto yanag begitu diimpikan pada 2000-2001, dan dua trofi Coppa Italia.

"Saya melihatnya berkembang dan tahu apa yang telah dia lakukan. Tidak banyak pemain di dunia ini yang seperti dia, yang selamanya bermain untuk satu klub," pungkasnya.

Francesco Totti AS Roma Aldair
Ditulis Oleh

Taufik Hidayat

Agen rahasia yang menyamar jadi kuli tinta.
Posts

6.516

Bagikan