Kisah di Balik Rivalitas Mourinho dan Guardiola

Yusuf AbdillahYusuf Abdillah - Sabtu, 09 Desember 2017
Kisah di Balik Rivalitas Mourinho dan Guardiola
Manajer Manchester United, Jose Mourinho (kiri) bersama Pep Guardiola. (Zimbio)

BolaSkor.com - Sejatinya derby Manchester selalu berjalan sengit, terutama dalam beberapa tahun terakhir setelah Manchester City mendapat suntikan dana dari Abu Dhabi. Namun, hadirnya Jose Mourinho dan Pep Guardiola di pinggir lapangan makin menambah bumbu derby.

Bukan rahasia lagi, Mourinho dan Guardiola adalah dua sosok jenius yang selalu berseberangan. Rivalitas keduanya bahkan sudah membagi dua kelompok di pecinta sepak bola. Kubu pencinta sepak bola menyerang nan atraktif dan di sisi lain pengusung sepak bola pragmatis. Secara umum, Guardiola disebut sebagai tokoh protagonis sosok penyelamat sepak bola indah, sedangkan Mourinho adalah tokoh antagonis perusak sepak bola.

Tiap kali Mourinho jumpa Guardiola, media selalu mengangkat soal panasnya rivalitas keduanya. Bagaimana sengitnya perang urat syaraf sebelum laga. Namun, sebenarnya kedua manajer tak melulu bermusuhan. Bahkan, keduanya, paling tidak pernah, memiliki hubungan yang dekat.

Mourinho dan Guardiola memulai hubungan saat keduanya membela Barcelona. Mourinho yang menjadi penerjemah dan tangan kanan pada era Bobby Robson dan Louis van Gaal dikenal dekat dengan pemain, tak terkecuali Guardiola. Hubungan keduanya makin erat ketika Guardiola menjadi kapten Barca.

Saat final Piala Winners 1997, Barcelona berhasil mengalahkan Paris Saint-Germain berkat gol semata wayang Ronaldo Luis Nazario de Lima. Usai laga Guardiola terlihat berpelukan erat dengan salah seorang staf memakai jaket Barca. Benar, orang tersebut adalah Mourinho.

Hingga saat ini Mourinho masih menyimpan foto pelukan tersebut, meski tak dipajangnya. "Iya, saya masih memiliki foto itu. Kami dulu sangat dekat," ujar Mourinho tahun lalu seperti dikutip Daily Mail.

Bicara foto, Mourinho dan Guardiola memang sering menjadi sasaran juru foto. Karena mereka memang sering bersama saat di Barca.

Meregangnya Hubungan

Derby Manchester Pep Guardiola Jose Mourinho
Ditulis Oleh

Yusuf Abdillah

Posts

6.117

Bagikan