BolaSkor.com - Menjadi penggemar sepak bola tak lengkap rasanya jika tidak memiliki jersey tim kesayangan. Beberapa orang memang sangat fanatik dan hanya mengumpulkan jersey tim kesayangannya tersebut. Ada pula yang mengumpulkan semua jersey.

Hal itu pula yang banyak terjadi di Indonesia. Bahkan mereka rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatakan jersey langka atau jersey yang pernah dipakai langsung oleh sang pemain.

Namun berbicara tentang kolektor jersey, tak lengkap rasanya jika tidak menyebut nama Eddy Sofyan. Siapa sangka pria asal Jakarta ini sudah mulai senang jersey tim sepak bola sejak tahun 1986. Namun, ia mengatakan bahwa tahun 1996 baru membeli jersey sendiri untuk dikoleksi.

Baca Juga:

Ruslan Malinovskyi, Gelandang Murah dengan Kualitas Premium dari Ukraina

Mengenang Tony Dunne, Legenda Manchester United yang Dikagumi Rekan Setimnya

Eddy yang juga berprofesi sebagai fotografer ini sudah mengoleksi hampir 250 sampai 270-an jersey klub sepak bola. Jersey terdiri dari klub luar negeri, dalam negeri, hingga Timnas Indonesia.

"Ya tahun 1986 itu sudah mulai suka jersey dan itu masih minta sama orang tua. Ketika kuliah tahun 1996 baru mulai koleksi sampai sekarang. Kalau di total ya sekarang sudah ada 250-270an jersey," kata Eddy Sofyan ketika dihubungi oleh BolaSkor.com, Kamis (16/7).

Jersey Kesayangan Paling Istimewa

Bahkan, ia memiliki jersey Timnas Indonesia tahun 1981 dengan nama punggung Sofyan Hadi. Selebihnya, ia memiliki jersey Tonny Tanamal dan Budiman Yunus.

Eddy Sofyan

"Kalau jersey Timnas Indonesia paling tua itu saya punya jerseynya Alm. Sofyan Hadi tahun 1981. Ini saya sangat jaga. Setelah itu ada juga jersey Timnas Indonesia tahun 1986 dan 1987 milik Tonny Tanamal dan Budiman Yunus," tambahnya.

"Untuk tim lokal sendiri ini paling susah, paling tua saya punya Persija tahun 1986 juga. Paling sama yang baru-baru sekarang," tambahnya.

Jersey Mahal yang Didapat

Eddy menambahkan, jersey Timnas Jerman Barat 1990 menjadi salah satu item yang diinginkannya. Ia berhasil mendapatkannya dengan harga Rp1,8 juta. Tercatat, jersey itu salah satu paling mahal yang didapatnya.

"Kalau masalah jersey paling mahal itu dapat Jerman Barat harganya Rp1,8 juta. Tapi jalau bahasanya paling mahal menurut saya ya jersey Timnas Indonesia yang jadul itu yang gak bisa diukur pake uang. Karena tahun segitu benar-benar match worn. Gak ada replika kayak jaman sekarang yang bisa dibeli di mana-mana," tambahnya.