Kisah Magis Urawa Red Diamonds Juara Piala Kaisar 2021

Tengku SufiyantoTengku Sufiyanto - Jumat, 24 Desember 2021
Kisah Magis Urawa Red Diamonds Juara Piala Kaisar 2021
Urawa Red Diamonds juara Piala Kaisar 2021. (J League)

BolaSkor.com - Urawa Red Diamonds mampu menjadi juara Piala Kaisar alias Emperor's Cup 2021 dengan mengalahkan Oita Trinita dengan skor 2-1 pada laga final, Minggu (19/12).

Urawa Reds unggul lebih dulu pada menit keenam melalui Ataru Esaka. Kemudian Matheus Pereira menyamakan kedudukan dengan mencetak gol pada menit ke-90.

Baca Juga:

Penghargaan J1 League 2021: Dominasi Kawasaki Frontale, Ada Legenda Barcelona

Mengenal Piala Kaisar, Kompetisi Sepak Bola Tertua di Jepang

Gol kemenangan Urawa Reds hadir pada menit ketiga perpanjangan waktu babak kedua lewat pemain pengganti, Tomoaki Makino.

Bagi pemain berusia 34 tahun itu, ini merupakan gol perpisahan bagi pemain yang sudah delapan musim di Urawa Reds dan akan pindah ke Vissel Kobe musim depan.

Perjalanan Magis Urawa Red

Urawa Red Diamonds
Urawa Red Diamonds. (J League)

Urawa Reds masuk ke Piala Kaisar musim ini di ronde kedua dan berhasil menang 1-0 lawan Kataller Toyama, klub J3 League wakil dari Prefektur Toyama.

Selanjutnya di ronde ketiga, Urawa Reds kembali menang 1-0, kali ini dari SC Sagamihara, wakil dari J2 League. Ronde keempat, Urawa Reds lagi-lagi menang 1-0 lawan tim divisi dua, kali ini kontra Kyoto Sanga.

Di perempat final, Red Devils menang 2-0 di kandang sesama tim J1 League, Gamba Osaka. Sebelum kemudian menang 2-0 lawan Cerezo Osaka di semifinal dan masuk ke partai puncak.

Kemenangan di Piala Kaisar ini punya banyak arti bagi klub berjuluk The Red Devils tersebut. Urawa Reds kini resmi mendapatkan satu tiket ke babak grup Liga Champions Asia musim depan.

Hal ini tentu menjadi berkah karena Urawa Reds gagal mendapatkan tiker Liga Champions Asia melalui jalur liga. Pasalnya, Urawa Reds musim ini hanya finis di posisi keenam klasemen akhir J1 League. Mereka akan menemani Kawasaki Frontale, Yokohama F Marinos, dan Vissel kobe yang lolos ke Liga Champions Asia lewat jalur liga.

Urawa Red Diamonds
Urawa Red Diamonds juara Piala Kaisar 2021. (J League)

Bagi Urawa Reds, ini bukan kali pertama mereka menjadi juara di ajang yang sudah digelar sejak 1921 tersebut. Total, mereka kini sudah delapan kali jadi juara dan empat kali jadi runner-up.

Empat gelar berhasil mereka raih saat masih jadi tim amatir bernama Mitsubishi, karena memang mereka klub bentukan perusahaan Mitsubishi. Saat itu mereka juara pada 1971, 1973, 1978, dan 1980.

Setelah berubah jadi klub profesional dan berubah nama jadi Urawa Red Diamonds, mereka juga empat kali juara. Sebelum tahun ini, Red Devils juara pada tahun 2005, 2006, dan 2018 lalu.

Sepanjang sejarah, koleksi delapan gelar Urawa Red Diamonds adalah yang terbanyak kedua. Mereka hanya kalah dari Universitas Keio yang mengoleksi sembilan gelar. Meski begitu, mereka kali terakhir juara pada tahun 1956.

Di bawah Urawa Red Diamonds, ada Yokohama F. Marinos dan Universitas Kwansei yang sama-sama mengoleksi tujuh gelar Piala Kaisar.

Universitas Waseda adalah juara terakhir Piala Kaisar yang merupakan bukan tim dari Liga Jepang, saat juara pada 1966. Sedangkan juara yang bukan berasal dari kasta teratas Liga Jepang terakhir kali terjadi pada 2011. Saat itu dua tim kasta kedua, FC Tokyo dan Kyoto Sanga, bertemu di final dengan FC Tokyo jadi juara.

Daftar Pemenang Terbanyak Piala Kaisar Jepang Sepanjang Sejarah:

9 gelar - Universitas Keio
8 gelar - Urawa Red Diamonds
7 gelar - Yokohama F. Marinos, Universitas Kwansei
5 gelar - Gamba Osaka, Kashima Antlers, Tokyo Verdy
4 gelar - Cerezo Osaka, JEF United Chiba, Universitas Waseda
3 gelar - Sanfrecce Hiroshima, Shonan Bellmare, Kashiwa Reysol, Universitas Tokyo
2 gelar - Universitas Chuo, Jubilo Iwata, Nagoya Grampus, Yokohama Flugels, Rijo Shukyu

J League Urawa Red Diamonds Breaking News
Ditulis Oleh

Tengku Sufiyanto

Pencinta sepak bola Indonesia.
Posts

14.858

Bagikan