Kisah Ruy Arianto, Winger Timnas U-16 Berjuang Sembuh dari Cedera ACL

Frengky AruanFrengky Aruan - Rabu, 27 Januari 2021
Kisah Ruy Arianto, Winger Timnas U-16 Berjuang Sembuh dari Cedera ACL
Ruy Arianto. (PSSI)

BolaSkor.com - Pemain belia Persebaya Surabaya, Ruy Arianto sudah cukup lama menepi dari lapangan hijau. Dia mendapat cedera yang cukup serius yakni ACL (anterior cruciate ligament). Ruy pun harus istirahat dalam waktu yang cukup lama.

Ruy Arianto dihantam cedera ACL saat menjalani pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-16 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Agustus 2020 lalu. Saat ini, dia tengah menjalani terapi di sebuah rumah sakit swasta yang terletak di kawasan Jakarta Utara.

Terapi latihan yang diberikan adalah strengthening yaitu salah satu latihan yang bertujuan untuk menguatkan bagian otot. Maklum, pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu divonis istirahat dari sepak bola selama enam bulan.

Baca Juga:

Bali United Masuk Grup G, Ada Hanoi FC dan Boeung Ket

Liga 1 2020 Dibatalkan, Arema FC Batal Dapat Dana Miliaran dari Sponsor

Alhamdulilah, sekarang jauh lebih baik,” ungkap Ruy ketika dihubungi BolaSkor.com.

Lalu apa saja terapi yang harus dijalaninya demi kesembuhan kakinya? Putra pasangan Rio Arianto dan Rina Ningrum menyebutkan dirinya hampir setiap hari mengunjungi fisioterapis untuk memulihkan cederanya.

“Banyak sih. Kayak kompres es, ada massage, ada penguatan-penguatan, agility, latihan di treadmill, segala macam buat mengembalikan kondisi supaya lebih kuat. Fisioterapis dari rumah sakit yang memberikan program,” urai Ruy.

Dia menjalani berbagai tes untuk menunjukan perkembangan pasca cedera. Apakah mampu bermain lagi atau melanjutkan program latihan ke tahap berikutnya.

“Sebentar lagi sudah mau tes akhir. Saya masih belum tahu apa saja yang dilakukan dan tanggalnya kapan. Yang jelas, saya masih belum latihan di lapangan,” kata Ruy.

Ruy Arianto berharap dirinya bisa cepat sembuh dan bisa ikut serta dalam setiap ajang yang diikuti di Timnas Indonesia. Dia juga memendam asa dapat kembali mengenakan jersey Persebaya.

“Semoga bisa kembali bermain sepak bola dengan performa yang lebih baik dan dapat bermain kembali buat Persebaya, semoga juga bisa kembali bermain di Timnas. Amin,” pungkas Ruy. (Laporan Kontributor Kurniawan/Surabaya)

Persebaya surabaya Timnas Indonesia U-16 Ruy Arianto
Ditulis Oleh

Frengky Aruan

Posts

15.464

Bagikan