Kisah Shin Tae-yong: Pernah Kalahkan Timnas Indonesia U-23 hingga Bobol Gawang Persib dan Persik

Hadi FebriansyahHadi Febriansyah - Selasa, 24 Desember 2019
Kisah Shin Tae-yong: Pernah Kalahkan Timnas Indonesia U-23 hingga Bobol Gawang Persib dan Persik
Shin Tae-yong. (Zimbio)

BolaSkor.com - Pelatih asal Korea Selatan (Korsel), Shin Tae-yong dikabarkan akan menjadi pelatih Timnas Indonesia. Ia berhasil mengambil hati PSSI, dan memenangkan persaingan melawan Luis Milla yang juga menjadi kandidat kuat melatih Timnas Indonesia.

Kabarnya, mantan pelatih timnas Korea Selatan ini akan diperkenalkan oleh PSSI pada acara kongres tahunan yang akan digelar di Bali, pada 25 Januari 2020 mendatang. Sebelum diisukan menjadi pelatih Timnas Indonesia, sebenarnya Shin Tae-yong pernah berhadapan dengan Timnas Indonesia.

Mantan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma tersebut sebelumnya sudah pernah menyambangi Tanah Air. Kesempatan itu datang ketika memimpin Korea Selatan U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 pada tahun 2016 silam.

Baca Juga:

Shin Tae-yong ke Indonesia Tanggal 26 Desember untuk Tanda Tangan Kontrak

Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia, Ketum PSSI: Kalau Sudah Resmi Kami Umumkan

Shin Tae-yong. (Zimbio)

Saat itu, Korea Selatan berada di Grup H beesama Timnas Indonesia U-23. Kedua tim bertemu pada pertandingan terakhir yang sama-sama menentukan kelolosan ke Piala Asia U-23. Diprediksi bakal jadi pertandingan yang seru, tetapi nyatanya tidak.

Shin Tae-yong dan pasukannya terlalu tangguh. Korsel menang meyakinkan 4-0 untuk lolos ke Qatar. Setelah itu, Shin Tae-yong membawa anak asuhnya mencapai final sebelum dikalahkan Jepang 0-1.

Sama halnya ketika masih bermain di Seongnam FC. Bersama tim tersebut, pria kelahiran Yeongdoek ini beberapa kali tampil di kompetisi tingkat Asia. Ia pun pernah merasakan bermain melawan tim-tim asal Indonesia.

Klub pertama yang dihadapi ialah Pelita Jaya pada tahun 1994/95. Dalam dua pertandingan itu, Seongnam menang agregat 5-1 setelah menang 1-0 di leg pertama dan 4-1 di leg kedua. Musim berikutnya giliran Persib Bandung yang diladeni oleh Seongnam.

Dalam pertandingan yang digelar di Bandung tersebut Seongnam menang telak 5-2 atas tuan rumah Persib. Satu dari lima gol Seongnam itu dicetak Shin Tae-yong di menit ke-19. Kemenangan atas Persib membuat Seongnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup Asia Timur yang berujung pada gelar juara Liga Champions Asia 1995/1996.

Terakhir, klub Indonesia yang dihadapi oleh Shin Tae-yong adalah Persik Kediri. Bermain di Liga Champions 2004, Persik Kediri berada satu grup dengan Seongnam di Grup G.

Di leg pertama di Stadion Brawijaya, Persik tumbang 1-2 dari Seongnam. Sedangkan di leg kedua, Seongnam pesta gol ke gawang Persik dengan menang telak 15-0. Satu dari 15 gol itu dicetak Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia Shin Tae-yong Luis Milla PSSI
Posts

4.871

Bagikan